SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Yayasan Pemuda Prestasi Indonesia kini menyelenggarakan Pemilihan Duta Kampus Sulawesi Selatan Tahun 2021 dengan tema “Peran Duta Kampus sebagai Mahasiswa dalam Aktualisasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, Minggu (01/07/2021)

Zul Kipli Runner Up 1 Duta Kampus Sulsel 2021

Kegiatan ini merupakan agenda rutin Yayasan Pemuda Prestasi Indonesia. Menjadi mahasiswa adalah sebuah kebebasan, bebas menentukan ruang gerak, tempat bertumbuh, ataupun kebermanfaatan. Mahasiswa bebas memilih dirinya akan berkembang melalui jalur apa. Akan tetapi, ketika mahasiswa mampu menyeimbangkan diri sebagai seorang akademisi, organisatoris, juga aktivis, tentu ini menjadi aset berharga dalam mewujudkan Indonesia maju di masa yang akan datang.

Alur kegiatan Pemilihan Duta Kampus Sulawesi Selatan Tahun 2021 dilaksanakan dengan delapan tahap pelaksanaan yang dimulai dari Pendaftaran, Technical Meeting, Tes Tertulis dan Materi, Tes Interview, Tes Penampilan Bakat/Talent Show, Pengumuman 17 Besar, Pembinaan dan Pembekalan Online, Gala Dinner, dan Acara Puncak Grand Final. Tahapan pendaftaran dan Pembinaan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom. Seluruh tahap audisi (tes) dan grand final dilaksanakan secara luring.

Pendaftaran Duta Kampus Sulawesi Selatan Tahun 2021 dibuka mulai tanggal 04 April-30 Juni 2021 dan jumlah peserta yang antusias mengikuti kegiatan mencapai enam puluh empat mahasiswa dari berbagai wilayah di Sulawesi Selatan. Technical Meeting dilaksanakan pada 3 Juli 2021. Peserta diberikan informasi mengenai segala sesuatu yang harus dipersiapkan dalam seleksi atau audisi selanjutnya.

Dalam tahap ini, Zul Kipli yang berasal Desa Laba Masamba Kabupaten Luwu Utara Provinsi Sulawesi selatan, sebagai satu-satunya delegasi dari jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar.

Tahap audisi dibagi menjadi tiga tahapan yaitu Tes Tertulis dan Materi (Kamis, 8 Juli 2021), Tes Interview (Jumat, 9 Juli 2021), Tes Penampilan Bakat (Sabtu, 10 Juli 2021). Setelah melewati tahap tes atau audisi, tiga puluh dua peserta selanjutnya mengikuti tahapan Pembinaan dan Pembekalan Online yang dilaksanakan pada 15 Juli 2021 berupa pemberian materi jurnalistik, beauty class, dan pelatihan public speaking.

Kegiatan selanjutnya yaitu Gala Dinner dan Acara Puncak Grand Final Pemilihan Duta Kampus Sulawasi Selatan Tahun 2021 akan diumumkan 6 Besar dan Top 3 yang akan mewakili Provinsi Sulawesi Selatan ke tingkat Nasional pada ajang Pemilihan Putra Putri Kampus Indonesia 2021.

Zul Kipli adalah seorang Mahasiswa semester 7 Jurusan Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Sejak Zul Kipli menyandang status sebagai mahasiswa, sejak saat itu pula Ia mulai aktif menjadi volunteer.

Zul Kipli (tengah) ketika berinteraksi bersama anak-anak

Kegiatan kerelawanan yang konsisten dilakukan hingga sekarang yakni mengajar anak-anak jalanan di Kota Makassar hingga ke pelosok pada daerah yang tak terjamah akses pendidikan dari pemerintah. Kegiatan tersebut tentu sangat bermanfaat dan membantu anak-anak yang memiliki banyak keterbatasan untuk menikmati nikmatnya dunia pendidikan.

Mengabdikan diri sebagai seorang relawan pendidikan merupakan jalan yang Ia tempuh untuk menuntaskan Tri Dharma Perguruan Tinggi poin ketiga. Hal tersebut sejalan dengan visi misi diadakannya pemilihan duta kampus.

Zul Kipli memandang bahwa sedikit bergerak lebih berpengaruh ketimbang diam dengan segudang teori yang tak kunjung terealisasi. Atas dasar pemikiran itulah, Ia selalu memicu dirinya untuk terus aktif berdaya dan bermanfaat bagi sesama. Dengan semangat juang yang tinggi sebagai sosok inspiratif dan edukatif, Zul Kipli berhasil membuktikan menjadi pemenang di pemilihan duta kampus.

Grandfinal pemilihan duta kampus Sulawesi Selatan dilaksanakan pada Sabtu, 31 Juli 2021 di Hotel Wisata Pantai. Zul Kipli dinobatkan sebagai Runner Up 1 Duta Kampus Sulawesi Selatan 2021 yang nantinya akan mewakili Sulawesi Selatan dalam ajang pemilihan putra putri kampus Indonesia 2022.

Ikut terlibat dalam pemilihan duta kampus adalah impiannya untuk mewujudkan salah satu wishlist dirinya dan keluarga. Harapannya, dengan terpilihnya Ia menjadi Runner Up 1 Duta Kampus Sulawesi Selatan 2021, mampu menginspirasi banyak orang dan menjadi salah satu orang berpengaruh yang bergerak atas dasar kesadaran dan kepedulian terhadap sesama dalam memajukan dunia pendidikan.

Ia pun berpesan bahwa apapun mimpi-mimpi kita, haruslah diperjuangkan walau rintangan yang ada cukup menerjang. Zul Kipli tidak pernah melupakan esensi dari sebuah perjuangan menimba ilmu.

Menurutnya, menjadi orang terdidik dan berpendidikan adalah hak setiap warga. Dengan menjadi terdidik dan berpendidikan, perlahan-lahan derajat kita sebagai manusia akan terangkat.

Laporan : Agen Fikri/Agen 009 Bagas PM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here