SPIONASE-NEWS.COM, – MAKASSAR – Asosiasi Pemerintah Desa seluruh indonesia (APDESI), merupakan organisasi profesi berbentuk kesatuan dengan ruang lingkup nasional, berdaulat dan mandiri atas dasar kesamaan kegiatan, dibidang pemerintahan desa serta pembangunan pedesaan, Minggu (01/02/2020).

Organisasi yang dibentuk di Jakarta tanggal 17 Mei 2005 diprakarsai oleh pemerintah desa dengan visi, mewujudkan pemerintah desa yang maju, sejahtera adil dan demokratis.

Misinya adalah meningkatkan profesionalisme dan kesejahteraan anggota, menjalin kemitraan dengan pemerintah dan nonpemerintah, mengembangkan konsep akuntabilitas organisasi baik internal maupun eksternal juga memperkuat posisi eksistensi.Berbagai upaya telah dilakukan, termasuk perjuangan lahir dan disahkan UU no 6 tahun 2014 tentang desa.

Yang telah dirasakan sampai saat ini.Bukti lain terlihat pada setiap tempat dimana organisasi ini berjalan, dampak keberhasilan pengelolaan pemerintahan desa akan maksimal, demikian juga sebaliknya.

Muskiman Haning selaku Koordinator Divisi Humas DPD APDESI Sulawesi Selatan setelah dikonfirmasi oleh Media Online Nasional Spionase-news.com, Mengatakan “Karena organisasi Apdesi merupakan wadah tempat menghimpun, berkumpul bermusyawarah memikirkan dan mencarikan solusi permasalahan desa yang sifatnya non teknis,”Tuturnya.

Termasuk melakukan edukasi peningkatan sumber daya aparatur untuk memudahkan pelaksanaan tugas dan kewenangannya.

Melakukan langkah konkrit menjalin komunikasi dengan auditor dan penegak hukum tentang kesepahaman regulasi untuk meminimalisir terjadinya sebuah pelanggaran khususnya pengelolaan keuangan desa.

Namun satu hal yang sangat penting untuk dipahami dalam pencapaian visi dan misi APDESI akan terwujud dari ketersedian biaya operasional kegiatan, yang terkumpul dari anggota sesuai kesepakatan tertuang pada AD/ ART APDESI, Tutup Muskiman Haning Koordinator Divisi Humas APDESI Sulsel.

Laporan : Agen 044 MM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

eleven − eleven =