SPIONASE-NEWS.COM, TORUT – Ratusan peserta terdiri Pendamping Kabupaten, Kecamatan dan Lembang (Desa ) Toraja Utara melakukan Rapat Koordinasi dan Evaluasi di Gedung PPGT (Van De Loocthr ) Kecamatan Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

Kegiatan Rakor pendamping Desa tersebut rutin dilakukan sekali dalam sebulan dalam persiapan pelaksanaan Anggaran Dana Desa (ADD) Lembang 2019.

Hal itu diungkapkan salah satu pendamping Kabupaten Semuel Riyanto diselah selah kegiatan Rakor menjelaskan bahwa 3 pendamping desa yang ikut rakor ini yakni , Pendamping Kabupaten memiliki 6 Tenaga Keahlian dengan masing masing beda tupoksi diantaranya tenaga infrastruktur, Tehnologi tepat guna, dan Tenaga pemberdayaan, Ekonomi Kreatif serta tenaga perencanaan.

Untuk kecamatan 2 yang bertugas disebut Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) dan Pendamping Desa Infrastruktur (PDT) serta di Lembang(Desa) dilakukan Pendamping Lokal Desa, Ucapnya.

Kegiatan Rakor persiapan pelaksanaan Dana Desa 2019 dimaksudkan agar tenaga pendamping desa sepulangnya bertugas diwilayah masing masing dapat mendampingi kepala lembang dalam persiapan penyusunan dan pelaksanaan APBL Dana Lembang tahun 2019, Jelasnya.

Kata Samuel, bahwa selain persiapan juga akan mengevaluasi serta mengindentifikasi perkembangan progres wilayah pendampinganya terkait pengunaan Dana Desa dan alokasi Dana lembang.

Saat ini materi terkait penyusunan desain dan RAB 2019 dan penyusunan PPH dan PPN. ujarnya seraya menambahkan fisik belum berjalan itu boleh bila dokumen APBL sudah ada.

Kita juga akan evaluasi APBL apa sesuai dengan dokumen Rencana Kerja Pemerintah (RKP) yang ditetapkan dalam musrembang lalu , Tuturnya.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nine + 13 =