SPIONASE-NEWS.COM – TORAJA UTARA – Pemkab Toraja Utara melalui Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Perumahan telah menyediakan Pembangunan Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) untuk masyarakat berpenghasilan rendah yang belum memiliki rumah tempat tinggal di Kabupaten Toraja, Rabu (14/04/2021).

Alfianti Patanduk, Kepala Seksi Perumahan Formal dan Swadaya Pemkab Torut

Pembangunan Rusunawa yang berlantai Lima memiliki 70 kamar dilengkapi dengan fasilitas kamar yaitu :
Lemari, Sofa Tamu, kursi, Meja Ranjang Kasur bersama , Air bersih, Listrik, Mosholla maupun tempat mini market.

Kasi Perumahan Formal dan Swadaya Alfianti Patanduk didampingi Herman Pongdatu menuturkan pembangunan Rusunawa memiliki 70 Kamar dan dilengkapi fasilitas untuk Warga Toraja utara. “Saat ini kurang lebih 40 penghuni yang telah menempati rusanawa”, Ucapnya.

Kata Alfianti, Adapun tarif sewa Rusunawa yang sudah ditetapkan Yaitu : Lantai 1 Rp 300 Ribu /Perbulan , Lantai II Rp 275 Ribu /Perbulan dan Lantai III Rp 250 Ribu /Perbulan . Lantai 1V Rp 225 Ribu/Perbulan serta Lantai V Rp 200 Ribu/Perbulan.

“Hasil sewa Rusunawa dimanfaatkan untuk pemeliharaan dan perawatan serta perbaikan dan pergantian suku cadang”, Jelasnya.

Lanjut Alfianti, bagi para penyewa/penghuni atau pemakai wajib memenuhi Kriteria dan persyaratan yang telah ditetapkan oleh pengelola yaitu untuk masa sewa rusunawa paling lama 2 Tahun dan dapat diperpanjang satu tahun dengan wajib menyetor uang jaminan sewa satu kali Tarif sewa.

Pengelola Rusunawa wajib memperhatikan besaran tarif sewa yakni seperempat dari Upah Minimun Kabupaten dengan perhitungan besaran tarif disesuaikan dengan pengeluaran biaya operasional dan pemeliharaan rusunawa termasuk perhitungan Eskalasi harga karena inflasi, Tutupnya

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here