SPIONASE-NEWS.COM,- BONE – Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bone melakukan pemeriksaan dan pengecekan terhadap muatan kapal layar motor (KLM) Andika Trans 02 yang sementara pemuatan barang campuran atau sembako di dermaga pelabuhan laut Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone. Minggu (06/09/2020) siang.

Hal itu dilakukan oleh Kasubnit Binmas Air Satpolair Polres Bone Aiptu Edy Mulyadi bersama dengan Kanit Harkan Kapal Satpolair Polres Bone Aipda Made Indra Jaya.

Dalam kegiatannya, Kasubnit Binmas Air Satpolair Polres Bone yang memimpin kegiatan tersebut mengatakan kepada media ini bahwa tujuannya untuk mencegah peredaran barang illegal didaerah setempat.

“Kami ingin mencegah barang-barang illegal masuk maupun keluar melaui pelabuhan,” jelas Kasubnit Binmas Air Satpolair Polres Bone kepada media.

Selain pemeriksaan dan pengecekan, pihak dari Satpolair Polres Bone juga melakukan himbauan kepada Nahkoda dan crew kapal untuk tidak membawa barang melebihi kapasitas muatan dan tetap mematuhi protokoler kesehatan dimasa adaptasi kebiasaan baru.

“Kami himbau Nahkoda dan crew kapal pada saat pemuatan jangan melebihi kapasitas karena sangat berbahaya pada saat berlayar,” himbau Aiptu Edy.

Lanjut Aiptu Edy, “Dalam masa adaptasi kebiasaan baru ini agar tetap mematuhi himbauan pemerintah yaitu disiplin menerapkan protokol kesehatan jika meninggalkan rumah dengan cara 3M + 1 (Memakai masker, Mencuci tangan, Menjaga jarak dan Tidak berkerumun), tambahnya.

Sementara Kasatpolair Polres Bone AKP A. Sukri Sulaiman saat ditemui media mengatakan bahwa kagiatan ini juga bertujuan untuk memberikan rasa aman dan nyaman sehingga kegiatan bongkar muat barang berjalan dangan lancar dan pemeriksaan ini akan terus dilakukan setiap hari oleh personilnya.

Dalam kegiatan ini, personilnya memeriksa dan mengecek semua barang muatan kapal dengan detail.

“Tujuannya untuk mengetahui apa saja isi muatan dan tujuannya keman saja,” jelas AKP A. Sukri Sulaiman.

Ia juga berharap kepada Nahkoda dan crew kapal untuk tidak meneriman barang titipan terlarang atau illegal dan apabila ada hal yang mencurigakan pada barang titipan atau muatan sesegera mungkin laporkan hal tersebut kepada pihak yang berwajib, Tutup Kasat.

Laporan : Agen Firman Liking 686

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 − eight =