SPIONASE-NEWS.COM,- TORUT – Pemkab Toraja Utara mendapatkan bantuan 40 tiang Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) TA 2018 dari Kementerian Sumber Daya
Mineral (KESDM) melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Energi Baru dan Konservasi Energi.

Kini telah diresmikan oleh Perwakilan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Duta Besar Eddy Haryadi didampingi Bupati Toraja Utara, Kalatiku Paembonan dan Staf Ahli Komisi VII, Kamis (21/3).

Acara peresmian yang dipusatkan di Objek Wisata Londa Kecamatan Kesu dihadiri Wakil Bupati Toraja Utara Yosia Rinto Kadang, Komisi VIII DPR RI Adian Y. Napitupulu, Komisaris PT IKI (Industri Kapal Indonesia) Persero, Ketua DPRD Kabupaten Toraja Utara Stepanus Mangatta, ST dan sejumlah unsur pimpinan OPD Lingkup Toraja Utara dan Kepala Lembang bersama Masyarakat diwilayah objek wisata.

Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan, M. Si usai meninjau sejumlah tiang penerangan jalan bersama rombongan dari Kementerian KESDM menuturkan pemasangan penerangan jalan umum tenaga surya tahapan awal bantuan dari KESDM sangat membantu bagi masyarakat dan menunjang peningkatan pengunjung wisata yang datang melakukan kegiatan yang ada di objek wisata khususnya pada malam hari.

Penempatan pemasangan tiang penerangan jalan umum tenaga surya diobjek wisata londa sangat tepat
karna lokasi Objek Wisata londa penerimaan pencahayaan matahari ruangan terbuka, Ungkapnya.

Lanjut Bupati Kalatiku, Harapan kita dengan banyaknya lampu yang bertenaga surya ini nantinya dalam kondisi apapun kita tetap bisa memberikan penerangan jalan kepada masyarakat,” Tuturnya.

Menteri ESDM melalui Perwakilan Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Duta Besar Eddy Haryadi menyampaikan bahwa pemerintah tahun ini mengalokasikan bantuan untuk Toraja Utara dan Tana Toraja.

Pihaknya untuk meningkatkan ketahanan Energi menggunakan cara peningkatan peran energi terbarukan semisal tenaga surya. “Kita kedepan terus menggalakkan energi terbarukan karena geliat pembangunan di Toraja ini, terus diperhatikan oleh pemerintah pusat,” Ujarnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Ardian Y. Napitupulu dalam sambutanya yang dibacakan Yarvis mengatakan Program PJUTS yang diusulkan melalui DPR RI berjumlah 200 titik setiap tahun. Untuk tahun 2018 sudah diusulkan 80 titik untuk Toraja yakni di Toraja Utara 45 titik, dan Tana Toraja 35 titik.

Dukungannya terhadap program-program pemerintah untuk membangkitkan kembali Toraja sebagai daerah pariwisata seperti Program Pemasangan PJUTS ini, ucapnya.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × three =