SPIONASE-NEWS.COM,- JENEPONTO – Pada Jumat kemarin, Bupati Drs. H. Iksan Iskandar menerima kunjungan Plt. Gubernur Sulsel A. Sudirman Sulaeman (09/7/2021)

Andi Sudirman Sulaiman, Wakil Gubernur Sulawesi selatan

Berdasarkan jadwal, kunjungan Andi Sudirman dalam rangka menyerahkan bantuan keuangan secara simbolis kepada pemda sekaligus meninjau langsung kondisi warga korban banjir di desa Tarowang.

Untuk tahun 2021 ini, Pemprov Sulsel mengucurkan bantuan keuangan senilai Rp3,5 miliar.

“Total bantuan yang kita berikan Rp 3,5 miliar, berupa bantuan keuangan dan untuk penanganan banjir, bantuan keuangan tersebut untuk pembangunan sarana pendukung dry port, rehabilitasi jaringan daerah irigasi Topa, pencegahan stunting dan gizi buruk,” bebernya.

Ia juga menyebut akan segera merespon permintaan Pemkab Jeneponto mengenai surat tanggap darurat. Serta menunggu hasil analisis mengenai terjadinya banjir

“Kita menunggu analisis dari PU Kabupaten karena ada jalan kewenangan nasional, maka provinsi menunggu surat dari kabupaten diteruskan ke kementerian,” tambahnya

Selain menyerahkan bantuan keuangan daerah secara simbolis di Rumah Jabatan Bupati Jeneponto, Andi Sudirman beserta rombongan juga meninjau langsung lokasi banjir

Sebelum menuju lokasi banjir di desa Tarowang, Plt. Gubernur melaksanakan sholat Jum’at berjamaah di mesjid Al-Iksan Kompleks Rujab Bupati Jeneponto.

Setelah sholat Jum’at berjamaah, agenda dilanjutkan dengan bersantap siang bersama, kemudian Plt. Gubernur beserta Bupati dan forkopimda Jeneponto langsung menuju lokasi banjir

Setiba dilokasi dengan didampingi Bupati Jeneponto Iksan Iskandar, Andi Sudirman meninjau salah satu titik terparah yang berada di Desa Tarowang, Kecamatan Tarowang

“Hari ini kita kunjungi titik bencana banjir di Desa Tarowang. Ada rumah terdampak, ada juga ternak, tadi juga dilaporkan ada yang meninggal satu orang (korban meninggal) karena terkejut. Kita tentu turut menyampaikan prihatin dan duka cita yang mendalam,” ungkap Andi Sudirman.

Dalam kunjungannya tersebut, selain bantuan keuangan, Andi Sudirman menyerahkan bantuan langsung kepada warga, berupa sembako, tikar, selimut, masker dan bantuan lainnya.

Plt. Gubernur didampingi Bupati Jeneponto juga meninjau fasilitas dapur umum yang disediakan oleh dinas sosial Kabupaten Jeneponto.

Salah seorang warga mengaku berbahagia atas perhatian pemerintah provinsi Sulawesi selatan dan Pemkab Jeneponto yang tanggap dan cepat dengan turun langsung melihat kondisi masyarakatnya yang terdampak bencana Banjir ini.

“Alhamdulillah kami atas nama warga berterima kasih atas perhatian dan bantuan pemerintah yang langsung peduli dengan kami korban banjir ini,”ujar salah seorang warga.

Turut hadir Wakil Bupati Jeneponto, Kapolres Jeneponto, Dandim 1425 Jeneponto, Kajari Jeneponto, Sekda Jeneponto, Kadis Perdagangan Provinsi Sulawesi Selatan, Kadis Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Ketua Tim Penggerak PKK beberapa kepala Opd lingkup pemerintah Jeneponto, Camat tarowang dan Kepala Desa Tarowang.

Laporan : Ageng 042 Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here