SPIONASE-NEWS.COM,- SIDRAP – Momentum upacara peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 75 Tahun, kali ini dirayakan di lokasi kubangan tambang galian C, di Desa Bila, Kecamatan Pitu Riase, Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan, Senin, (17/08/2020).

Aliansi Masyarakat Peduli Sungai Bila (AMPSB) tersebut merayakan hari kemerdekaan dengan penuh khidmat serta kedukaan atas kerusakan lingkungan akibat ulah pertambangan.

Andi Tenri sangka menyampaikan kepada masyarakat dalam pidatonya bahwa pentingnya menjaga lingkungan, sebab lingkungan ialah subtansi dari sebuah kehidupan.

“Apalagi sungai bila adalah sumber mata air penghidupan rakyat dalam memenuhi kebutuhan sehari-sehari termasuk kebutuhan rumah dan pertanian,”terangnya.

Lanjutnya,” kepada seluruh masyarakat dalam memontum ini kita semua harus tetap bersatu mempertahankan sungai kita demi masa depan generasi, apalagi anak-anak sekolah ikut serta hadir penuh semangat mendukung perjuangan kita semua.

Selain dari pengibaran bendera masyarakat juga membentangkan spanduk yang bertuliskan “Selamatkan Sungai Bila” dan berbagai parian spanduk penolakan tambang yang di pegang oleh anak-anak sekolah.

“Dalam momentum ini kami masyarakat bila juga menghimbau kepada semua elemen pemerintahan mulai dari pemerintah Provinsi dan Kabupaten Sidrap untuk segera menutup tambang-tambang yang beroperasi dan menindaki sesuai dengan kerusakan lingkungan yang mereka lakukan,” tutupnya.

Sebelum penutupan hening cipta untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dan semua dan 6 masyarakat yang telah meninggal akibat tenggelam di kubangan pertambangan.

Laporan : Agen 094 As

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × four =