SPIONASE-NEWS.COM,- GOWA – Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menerima mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Hasanuddin (Unhas) Gelombang Ke-107 di Baruga Karaeng Galesong, Kantor Bupati Gowa, Rabu (5/1/2022).

Bupati Adnan dalam sambutannya menyambut baik kehadiran 180 mahasiswa KKN dari berbagai jurusan di Universitas Hasanuddin ini. Menurutnya perguruan tinggi merupakan salah satu yang tidak bisa dipisahkan dalam pembangunan daerah khususnya di Kabupaten Gowa.

“Ketika kita berbicara universitas, maka universitas itu bagian yang tidak terpisahkan dalam membangun wilayah yang kita cintai dan kita banggakan ini. Kalau perbankan CSR-nya adalah uang, universitas itu CSR-nya adalah sumber daya manusia seperti yang KKN yang akan dilakukan di Kabupaten Gowa,” ujar Adnan.

Lanjut, Adnan dalam teori pentahelix universitas ini masuk dalam lima pilar pembangunan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan yang lainnya. Lima pilar tersebut yaitu pemerintah, swasta, masyarakat, akademisi dan yang kelima adalah media.

“Tidak ada kemajuan suatu daerah saat ini tanpa didukung oleh pilar pilar pembangunan ini. Maka saudara-saudara sekalian yang melaksanakan KKN itu sebenarnya adalah uji coba untuk bisa mengetahui betul apa yang menjadi masalah di masyarakat lalu kemudian membantu masyarakat untuk mencarikan solusi dari setiap permasalahan yang dihadapinya.” ungkapnya.

Orang nomor satu di Gowa ini menyebutkan salah satu program Pemerintah Kabupaten Gowa saat ini adalah penanganan Covid-19. Adnan berharap seluruh mahasiswa KKN Unhas bisa membantu pemerintah untuk terus mensosialisasikan protokol kesehatan dan vaksinasi Covid-19 di tengah-tengah masyarakat.

“Saya yakin dan percaya saudara-saudara sekalian juga telah mengetahui bagaimana cara memutus mata rantai penularan Covid-19 dan saya berharap pengetahuan itulah yang disampaikan kepada masyarakat agar masyarakat juga tahu bagaimana cara bersama-sama memutus mata rantai penularan Covid-19 karena kalau pemerintah saja yang jalan sendiri tidak akan mungkin bisa selesai,” lanjutnya.

Lebih lanjut Bupati Adnan mengatakan dalam upaya penanganan Covid-19 Pemerintah Kabupaten Gowa tengah menggenjot cakupan vaksinasi. Dirinya menargetkan Bulan Maret mendatang vaksin Covid-19 dosis ke dua sudah sampai 70 persen.

Olehnya itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) ini berharap Mahasiswa KKN Unhas bisa mengajak masyarakat di wilayah masing-masing untuk ikut vaksin Covid-19.

“Saya juga berharap melalui adik-adik nantinya, karena sekarang kita digenjot untuk melakukan vaksinasi dosis yang kedua. Saya berharap adik-adik sekalian di tempat lokasi KKN bisa mengajak dan mendorong masyarakat sekitar untuk datang ke tempat pelaksanaan vaksinasi,” harapnya.

Sementara itu, dalam laporannya Koordinator Dosen Pemangku KKN Universitas Hasanuddin, Muh. Hasrul mengatakan bahwa 180 Mahasiswa ini akan di tempatkan di 4 Kecamatan yang dibagi ke dalam 9 posko di Kabupaten Gowa.

“Mereka ini akan melaksanakan KKN selama 1 bulan dengan KKN reguler seperti biasa mengikut pada program setempat. Selain itu, KKN Unhas juga akan komitmen dengan melakukan kegiatan donor darah bekerjasama dengan PMI Provinsi Sulawesi Selatan,” ungkapnya.

Salah satu peserta KKN dari Jurusan Sastra Jepang Unhas, Muh Azwar Alwi menyambut baik ditempatkannya di Kabupaten Gowa. Karena Mahasiswa asal Pallangga ini, tentu ini merupakan kesempatan untuk mengabdi di daerah kelahirannya.

“Sesuai yang disampaikan oleh Pak Bupati tadi. Mungkin program kami akan lebih banyak mengedukasi masyarakat terkait vaksinasi khususnya untuk dosis kedua. Selain itu, mungkin akan ada sosialisasi-sosialisasi berkaitan dengan disiplin ilmu masing-masing,” tambahnya.

Laporan : Agen 040 Rustan R Jentak/Agen 010 ST-Buser

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here