SPIONASE-NEWS.COM, – TAKALAR – Beredar pemberitaan pasangan lansia tinggal dirumah tidak layak dan terlantar, Camat Sanrobone : itu hoax, Sabtu (7/3/2020).

Beredarnya pemberitaan terkait sepasang lansia yang terlantar di Desa Paddingin, Kecamatan Sanrobone Kabupaten Takalar Provinsi Sulawesi Selatan dibantah oleh Camat Sanrobone, Syahrir Mile.

Ketika dikonfimasi, Camat Sanrobone menyampaikan bahwa pemberitaan tersebut hoax dan tidak sesuai dengan kondisi yang sebenarnya.

Diketahui, pasangan suami istri yang bernama Sangkala Dg Lesang dan istrinya Bungaalam Dg Sunggu tersebut saat ini tinggal dirumahnya dalam kondisi layak.

Faktanya, rumah yang mereka tempati tersebut saat ini merupakan hasil bantuan bedah rumah oleh pemerintah kabupaten Takalar bekerjasama dengan UMI dan Kementrian Sosial pada tahun 2016 yang lalu.

Begitupun dengan tempat tidur, dari foto yang beredar sang Istri Dg Sunggu tergeletak lantai beralaskan tanah dan sang suami duduk diranjang yang hampir roboh.

Namun, faktanya saat ini kondisi ranjang telah menggunakan matras dan sang istri yang tengah lumpuh telah tidur diatas tempat tidur namun tidak menggunakan kasur karena sering kali buang air, Lantai rumahya kini pun, telah disemen dan dialas menggunakan karpet plastik.

“Itu tidak benar, kondisinya saat ini baik dan layak. Dan foto yang beredar pun itu kondisi beberapa tahun yang lalu, dan sekarang keduanya dalam pengawasan pemerintah dibantu dari LSM Ikatan Pemuda Takalar Peduli (IPTP),” Tegas Camat Sanrobone Syahrir Mile, Sabtu (7/3/2020).

Pemerintah saat ini intens mengawasi kebutuhan pasangan ini oleh karena pihak keluarga dan tetangga terdekat tidak ingin mengurus keduanya karena seringkali dituduh justru ingin mencuri.

“Yang mereka butuhkan sebenarnya keluarga yang merawat, dulu pernah ada keponakannya yang merawat tetapi justru dituduh mencuri, begitupun dengan tetangga kalau masuk membantu bersihkan rumah dan kasih makan istrinya, malah dituduh diambil barang-barang,” imbuh Plt Kepala Desa Paddingingin Sitti ameliyah Maggarisi SE

Untuk kebutuhan pokok, pasangan ini mendapatkan bantuan dari pemerintah berupa PKH dan Rastra. Saat ini memiliki tabungan pribadi sebesar Rp 15 juta di Bank yang merupakan hasil bantuan dari berbagai pihak.

Untuk diketahui, sebuah pemberitaan muncul dari salah satu media online dengan judul “Miris! Pasangan Lansia Asal Sulawesi Selatan ini tinggal di rumah tidak layak huni, bahkan sampai tidur dilantai gara-gara lumpuh, pada Jumat (6/3/2020) kemarin.

Pemberitaan tersebut, muncul tanpa melakukan pengecekan secara langsung terhadap kondisi kedua pasangan tersebut dan menggunakan foto yang beredar pada tahun 2016 lalu.

Laporan : Agen 082 SB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × one =