SPIONASE -NEW.COM TORAJA UTARA – Dinas Kepemudaan dan Olah Raga Toraja Utara mengadakan Pelatihan Wirausaha Muda selama dua hari di Hotel Misliana

Kegiatan pelatihan Wirausaha Muda yang dilaksanakan selama dua hari ini mulai Jumat hingga Sabtu (20-21/11/2020) di buka langsung oleh Kadispora Toraja Utara Harli Patrio didampingi nara sumber dari Widyaiswara H.Kamaruddin SE. M.Pd

Adapun Para peserta yang ikut pelatihan mendapatkan Materi dan Diskuisi yang dibawakan Narasumber dari Widyasawara UPTD Diklat Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi – Selatan H. Kamaruddin SE.M.Pd tentang Bisnis Plan (Rencana Usaha), Penilaian Pasar, Rencana pemasaran dan Organisasi Perusahaan Aset tetap serta Modal Awal yang dibutuhkan , sumber modal dan analisa Usaha bersama Arus Kas dan Rencana Penjualan dan Biaya (LABA RUGI) dan Neraca.

Kepala Dinas Toraja Utara Harli Patrio menuturkan 40 peserta yang memiliki usaha
ikut dalam Pelatihan wirausaha muda dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan managerial dan mengakses pasar dan modal.

Kita membekali wirausaha muda dengan kemampuan tehnis sehingga mampu menyusun Business Plan (rencana usaha) dan pengembangan yang merupakan salah satu persyaratan akses permodalan untuk pengembangan usaha yang baik”, Ungkapnya.

Kata Harli, Pihaknya akan melakukan pembinaan ini secara berkesinambungan tidak berhenti disini saja tapi berkelanjutan secara bertahap.

Tidak hanya pembinaan namun juga menghadirkan pelaku usaha yang sukses sebagai narasumber dalam pelatihan ini. Pelaksanaan kegiatan agar bermamfaat bagi peserta akan memproramkan utk berkelanjutan untuk melakukan evaluasi dan monitoring sehingga pelatihan yang didapatkan berkembang dan bermamfaat bagi pelaku wirausaha daerah ini, Ucapnya.

Kata Harli, Dispora memiliki Tupoksi melaksanakan pembangunan bidang kepemudaan dengan sasaran utama menumbuhkan kepemimpinan, Kepeloporan dan Kewirausahaan.

Untuk Akses permodalan itulah tujuan yang didapatkan dalam pelatihan tersebut sehingga mereka dapat mengakses modal dilembaga keuangan (Bank dan non bank).

Kami harap para pemuda yang memiliki jiwa wirausaha muda sebagai tulang punggung bangsa dalam mengikuti pelatihan ini mampu menambah kemampuan managerial pengelolaan wirausaha dan mampu mengakses modal, Tutupnya.

Sementara itu salah satu peserta pelaku usaha Online Store Angelin saat ditemui diselah selah acara pelatihan ini menuturkan Kegiatan pelatihan wirausaha muda ini sangat bermamfaat bagi pelaku usaha daerah ini.

Kami sebagai pemuda yang juga sebagai tulang pungung bangsa berharap pembinaan dan materi yang didapatkan dalam pelatihan ini jangan hanya sampai disini saja kalau bisa berkelanjutan sehingga kedepan dapat berkembang lebih baik dan mandiri, Harapnya.

Kata Angelin Dirinya sangat Apresiasi pelatihan ini yang sangat bermamfaat telah mendapat pembinaan tentang bagaimana cara untuk mengakses dalam memulai usaha mendapatkan modal.

Laporan : Agen 027 Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five + 13 =