SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara mengadakan Tranformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial dengan pelibatan masyarakat dalam memberi pelatihan Budidaya Tanaman Hias yang berlangsung di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsifan Toraja Utara, Kamis (04/02/2021).

Kegiatan pelatihan budidaya tanaman hias dibuka oleh Kepala DPK Toraja Utara Obed T Padang, adapun dalam kegiatan pelatihan para peserta mendapatkan materi dan sesi tanyajawab yang dibawakan langsung oleh ibu Sry Dewi tentang tehnik dan cara dalam budidaya tanaman hias.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara Obed T Padang didampingi Sri Dewi menuturkan, “Kegiatan pelatihan tanaman hias dimaksudkan memberdayakan dan menambah penghasilan masyarakat (orientasi bisnis) dengan membudidayakan tanaman hias didaerah ini”.

Sementara itu salah satu nara sumber ibu Sry Dewi dalam pemaparanya didepan peserta pelatihan tentang bagaimana tehnik cara membudidayakan tanaman hias tipsnya berbeda- beda di mulai dari tanaman Calathea dan Aglaonema, Striptis, Big Roy, Butterfly, Dut Anjani, dan Harley Quin.

Untuk merawat dan cara menanam Aglonema mengunakan median tanah dengan perbandingan ukuran satu banding satu yakni tanah 1/4 dengan dicampur sekam bakar dan mentah, Cocopit serta kompos, Ucapnya.

Lanjut Sry Dewi, Sedangkan untuk penyiramannya aglonema dilakukan dengan melihat dari suhu. “Kalau musim kemarau dua kali seminggu sedangkan dalam musim hujan tanaman Aglomedia penyiramannya dilakukan sekali seminggu dan pencahayaannya jangan terkena dengan matahari langsung karena dapat menyebabkan tanaman hangus,”Jelasnya.

Sri Dewi menambahkan lagi, Usai ikut pelatihan budidaya tanaman hias para ibu-ibu selain mendapatkan wawasan untuk bisa mengoleksi tanaman hias juga dapat dijual untuk menambah penghasilan tambahan dirumahnya, Ungkap praktisi di bidan tanaman hias ini.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here