SPIONASE-NEWS.COM,- PASAMAN SUMBAR – Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Virus Corona (Covid-19) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat, melakukan uji coba pelaksanaan program tatanan baru atau new normal, di kawasan Pasar Lama Lubuksikaping, Kamis (28/05/2020).

“Sebagai kawasan pusat ekonomi terbesar di Pasaman dengan lokasi tepat di jantung ibu kota Pasaman ini, pasar lama ini dinilai cocok untuk melakukan serangkaian uji coba penerapan standar protokol kesehatan sebagai langkah lanjut upaya menormalkan kembali kegiatan masyarakat di tengah pandemi ini,” kata Kepala Polisi Resor (Kapolres) Pasaman, AKBP Hendri Yahya, bersama Bupati Pasaman Yusuf Lubis dan Dandim 0305/Pasaman Letkol Inf Ahmad Aziz, di sela-sela kegiatan pemantauan pelaksanaan uji coba tersebut.

Menurut AKBP Hendri Yahya, kegiatan ini merupakan rangkaian giat sosialisasi oleh sekitar 300 personel gabungan TNI/Polri, petugas Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Satpol PP setempat kepada masyarakat dalam membumikan penerapan standar protokol kesehatan secara ketat bagi seluruh warga yang berada di pusat-pusat keramaian.

Salah satunya kata dia, dengan tetap menggunakan masker, sering-sering mencuci tangan dan diwajibkan menjaga jarak aman phiysical distancing oleh seluruh pedagang dan pengunjung pasar tersebut.

“Selain pengetatan aturan wajib menggunakan masker dan jaga jarak aman, kami juga melakukan rekayasa lalulintas dengan memusatkan lokasi parkir pada titik yang sudah ditentukan demi memudahkan pengamatan dan penindakan bagi masyarakat yang dinilai melanggar aturan kenormalan baru,” tegas AKBP Hendri Yahya.

Selanjutnya, kata Kapolres, Bagi pengunjung yang melanggar akan dikenakan sanksi tidak diizinkan memasuki kawasan pasar dan dipersilahkan kembali jika sudah mematuhi seluruh aturan yang ada, Tutupnya.

Laporan : Agen 074 Ris/ Agen Rony

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

6 + 18 =