SPIONASE-NEWS.COM,- BONE – Satuan Polisi Perairan (Satpolair) Polres Bone mengecek langsung kelengkapan alat keselamatan kapal dan penumpang di Dermaga Pellabuhan Penyeberangan Bajoe Kecamatan Tanete Riattang Timur Kabupaten Bone, Jum’at (17/07/2020).

Pemeriksaan dilakukan oleh Kasubnit Binmas Air Satpolair Polres Bone Aiptu Edy Mulyadi dan Kanit Harkan Kapal Satpolair Polres Bone Aipda Made Indra Jaya dengan naik diatas kapal Ferry KMP. Kota Bumi yang sementara memuat penumpang tujuan pelabuhan Kolaka Provinsi Sulawesi Tenggara.

Aiptu Edy Mulyadi me jelaskan saat dikonfirmasi, bahwa pemeriksaan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman kepada para penumpang, sekaligus agar keselamatan para penumpang kapal benar-benar terjamin mengingat cuaca akhir-akhir ini kurang bersahabat.

“Dari hasil pemeriksaan seluruh alat keselamatan berfungsi dengan baik dan jumlahnya cukup, kami harapkan kapal-kapal lainnya juga demikian,” katanya.

Selain melakukan pemeriksaan alat keselamatan pelayaran, Polisi yang berseragam biru laut itu memperagakan cara menggunakan life jacket (jaket pelampung) kepada penumpang sesaat sebelum kapal berangkat.

“Kita peragakan cara penggunaan jeket pelampung kepada penumpang, agar mereka mengetahui penggunaan alat keselamatan secara baik dan benar,” tambahnya.

Ditempat yang sama Aipda Made Indra Jaya menyempatkan untuk menyampaikan himbauan pencegahan penyebaran covid-19 kepada penumpang dan crew kapal.”Kami juga tidak bosan-bosannya menyampaikan dan mengingatkan kepada para penumpang dan crew kapal untuk tetep mematuhi protokol kesehatan saat diatas kapal ataupun bepergian dengan menerapkan social dan physical distancing demi memutus mata rantai covid-19,” imbuh Aipda Made.

Sementara, hal senada disampaikan oleh Kasat Polair Polres Bone Akp A. Sukri Sulaiman melalui Kasubnit Binmas Air Satpolair Polres Bone Aiptu Edy Mulyadi kepada Wartawan, hal tersebut dilakukan sebagai upaya meminimalisir adanya korban jiwa jika terjadi musibah kecelakaan laut.

“Kapal yang diperiksa oleh pihaknya sudah menyediakan alat keselamatan pelayaran dan kondisinya smua masih baik dan memadai,” tuturnya.

Ia menambahkan, “pemeriksaan alat keselamatan kapal ini kami harapkan bisa mengantisipasi kemungkinan terjadinya kecelakaan penyeberangan laut,” harapnya.

Laporan : Agen 101 Firman/Agen Jmy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

nineteen − nine =