SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Lembang Tallung Penanian Kecamatan Sanggalangi terus berupaya meningkatkan penghasilan ekonomi masyarakat dengan memprioritaskan pembangunan akses jalan dan pemberdayaan melalui Badan Usaha Milik Lembang (Bumlem).

Hal itu diungkapkan Kepala Lembang Tallung Penanian Antonius Teko P didampingi Manager Bumlem (Desa) Tallung Penanian, Yohanis Tangulungan di Kantonya Rabu (3/6/2020) menuturkan Lembang Tallung Penanian yang ia pimpin akan fokus kepada Infrastruktur jalan yang sangat dibutuhkan masyarakatnya di beberapa titik perlu mendapat sentuhan pembangunan dari sumber Dana Lembang yang ada diwilayah kerjanya.

Tahun ini rencananya akan dilakukan pengecoran akses jalan pada 5 titik yang terdapat didusun surakan dan Ne Ao namun terkedala yang anggarannya dialihkan untuk penanganan pasca pandemi covid-19 yang hingga kini belum selesai, Ucapnya.

Untuk Lembang Tallung Penananian yang memiliki 5 Dusun tercatat yang mendapatkan BLT yang bersumber dari dana Lembang sebanyak 167 KK sedangkan penerima BST 37 KK terdiri 3 KK melalui dari BRI 3 dan 34 dari Kantor pos.

Sebelumya dilakukan pendataan dengan melibatkan tim yang dibentuk terdiri 5 kepala Dusun, 1 Masyarakat dan ppl serta dari kepemudaan maupun seklem untuk memudahkan penyaluran BLT dalam penanganan terdampak covid-19 di Lembang Tallung Penanian.

Yohanis Tangulungan, Manager Badan Usaha Milik Lembang (Bumlem) menambahkan Selain infrastruktur jalan menjadi perhatian Lembang Tallung Penanian juga memiliki Badan Usaha Milik Lembang (Bumlem) yang didirikan sejak 2018 dengan memiliki kurang lebih 150 anggota.

Kami untuk meningkatkan ekonomi masyarakat dilembang (Desa) ini yang memiliki potensi pertanian dan peternakan telah membentuk bumlem untuk melayani pinjaman khusus kepada warga lembang Tallung penanian, Ujarnya.

Seraya menambahkan Badan Usaha Milik Desa Tallung Penanian yang melayani pinjaman didominasi usaha pertanian dan pertenakan dalam meningkatkan produksi didaerah ini.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 + 2 =