SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Pemkot Makassar berhasil menekan laju inflasi pada Juli, 2023. Angkanya pun kian terkendali. Selasa (08/08/2023).

Walikota Makasar Danny Pomanto turun langsung ke Pasar mengecek harga sembako dan sayur-sayuran

Dalam rilis data BPS Kota Makassar, nilai inflasi bulan lalu mencatatkan 3,49 persen. Posisi itu mengoreksi poin Juni yang membukukan angka 4,71 persen.

Pun secara year on year (yoy) kondisinya lebih stabil. Pada Juli 2022 situasinya menyentuh 4,90 persen.

Kepala BPS Kota Makassar Syahrir Wahab membenarkan penurunan angka itu. “Iya, alhamdulillah angkanya terkendali,” ujarnya.

Sementara itu, tingkat inflasi Kota Makassar month to month (mtm) Juli 2023 sebesar 0,08 persen dan tingkat inflasi year to date (ytd) Juli 2023 sebesar 1,71 persen.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengatakan pengendalian inflasi dilakukan dengan kompak dan meliputi banyak aspek.

Seperti, Dinas Perdagangan (Disdag) Kota dan PD Pasar melakukan Operasi Pasar yang membuat harga-harga pangan terkendali.

Termasuk upaya monitoring harian yang tepat sasaran menjadi kunci pengendalian harga dan inflasi.

“Insyaallah kita targetkan inflasi sekitar 3 persen, kalau sudah di bawah 4 persen itu maka dapat terkendali secara utuh,” ucapnya.

Pun dengan program prioritas Lorong Wisata (Longwis) yang mampu memberdayakan masyarakat dan membuat ketahanan pangan makin kuat di Makassar.

Apalagi, di bawah kepemimpinannya Pemkot Makassar juga melakukan beberapa intervensi guna mengendalikan inflasi.

Mulai dari pencanangan gerakan menanam satu juta polybag di seribu lorong wisata, memantau harga dan stok pangan, dan melaksanakan pasar murah.

Laporan : Agen 009 Bagas PM/Agen 073 Akbar Kuncir

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here