SPIONASE-NEWS.COM,- GOWA – Pemerintah Kabupaten Gowa bekerjasama dengan Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (FT-Unhas) melaunching desa binaan di halaman Fakultas Teknik Unhas Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa, Sabtu (2/10/2021).

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan dalam sambutannya menyambut baik hadirnya desa binaan FT Unhas ini di Kabupaten Gowa. Menurutnya ini tentu akan membantu pemerintah dalam pembangunan dan menyejahterakan masyarakat Kabupaten Gowa

“Kita berharap kehadiran Fakultas Teknik Unhas ini bisa memberikan manfaat yang baik bagi Kabupaten Gowa dan juga masyarakat yang ada disekitar kampus ini, sehingga kita melakukan launching Desa Binaan ini,” ujar.

Lanjut Adnan, apalagi dalam teori pentahelix ada lima unsur pembangunan yang tidak bisa dipisahkan antara satu dengan yang lainnya, salah satunya akademisi. Sehingga dengan kehadiran FT Unhas ini bisa membantu pembangunan di Kabupaten Gowa.

“Tentu pemerintah tidak bisa jalan sendiri dalam rangka membangun daerah ini, pemerintah membutuhkan partisipasi dari seluruh pihak termasuk Universitas dalam hal ini akademisi,” lanjut Adnan.

Adnan menyebutkan nama-nama desa yang menjadi desa binaan yang dikerjasamakan dengan FT Unhas yaitu Desa Kanjilo, Kecamatan Barombong dan Desa Buakkang Kecamatan Bungaya serta satu kelurahan yaitu Kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu.

“Kedepan kita berharap bukan hanya dua desa ini yang akan dilakukan pendampingan. Tetapi kita berharap semua desa yang ada di Kabupaten Gowa yang memiliki potensi bisa didampingi oleh Fakultas Teknik Unhas sehingga Insya Allah lebih baik lagi di masa yang akan datang,” harapnya.

Selain itu pada kesempatan ini Adnan juga menyampaikan selamat Dies Natalis Fakultas Teknik Unhas Ke-61. Dirinya berharap Fakultas Teknik Unhas bisa semakin maju dan terus melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

Sementara itu, Dekan Fakultas Teknik Unhas, Prof. Muhammad Arsyad menjelaskan bahwa launching Desa Binaan ini merupakan bentuk dukungan FT Unhas kepada pemerintah utama memajukan Kabupaten Gowa.

“Jadi ini bentuk dukungan kami dari Fakultas Teknik untuk Pembangunan Daerah Kabupaten Gowa. Tentu kita harus bekerjasama dan berkolaborasi serta menjadi lembaga pendidikan yang menjadi bagian dari pembangunan Kabupaten Gowa,” jelasnya.

Prof. Arsyad menjelaskan bahwa di desa yang dipilih ini merupakan masing-masing perwakilan dataran tinggi dan dataran rendah Kabupaten Gowa. Selama pendamping, Prof Arsyad menjelaskan bahwa pihak universitas membantu pemerintah desa dalam menangani permasalahan yang ada seperti penanganan bencana.

Seperti di Desa Buakkang, Kecamatan Bungaya dengan potensi bencana alam longsor, Desa Kanjilo, Kecamatan Barombong dan kelurahan Sungguminasa, Kecamatan Somba Opu dengan potensi banjir.

“Seperti desa di dataran tinggi ini, potensi longsor. Jadi kita akan membantu desa itu bagaimana konsep atau langkah-langkah mitigasi bencana. Kemudian mengembangkan infrastruktur misalnya drainase jalan desa dan kelurahan serta teknologi-teknologi terapan lainnya,” ungkapnya.

Dies Natalis FT Unhas Ke-61 juga dihadiri oleh Rektor Unhas, Prof. Dwia Aries Tina Pulubuhu, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulsel yang diwakili oleh Plt Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan Provinsi Sulawesi Selatan, Iqbal Suhaeb dan seluruh jajaran Fakultas Teknik Unhas.

Pada kesempatan ini juga Bupati Adnan mengikuti Peresmian Student Center Fakultas Teknik Unhas dan melakukan penanaman pohon di Halaman Fakultas Teknik Unhas.

Laporan : Agen 040 Rustan R Jentak – Agen 010 ST-Buser

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here