SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – salah seorang putri kreatif Kabupaten Toraja Utara, Thyfana Selna Tumading Siswi pelajar SD Kristen Rantepao 5 Kabupaten Toraja Utara.

Keikutsertaan Lomba bercerita (Story Talling) tingkat Sekolah Dasar mewakili Toraja Utara ke tingkat Provinsi Sulsel yang diadakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Sulsel yang dijadwalkan 16 Juli 2020 mendatang.

Kegiatan Lomba Cerita Rakyat tingkat Provinsi dilaksanakan dengan cara melalui sistim pengiriman rekaman video yang berdurasi 15 menit dalam membawa cerita tersebut.

Lomba Bercerita Tingkat Provinsi Sulsel yang diikuti 8 Kabupaten dari 24 kabupaten yang ada di Sulsel ini dengan tujuan menumbuh kembangkan kegemaran membaca anak-anak serta kecintaan terhadap budaya bangsa kita.

Obed T Padang yang merupakan Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara saat ditemui disela-sela kegiatan Lomba Cerita Rakyat menuturkan Pihaknya melakukan Lomba Cerita Bercerita (Story Stelling) tingkat SD yang diwakili SD Kristen Rantepao 5 ke tingkat provinsi yang pelaksanaanya dengan sistim pengiriman rekaman video dengan
Durasi 10 hingga 15 Menit, jelasnya. Sabtu (11/7/2020).

Kegiatan lomba bercerita rakyat tingkat provinsi dilaksanakan dengan sistim rekaman video lalu dimulai 6 Juli dan grandfinal (6 besar) dilakukan secara virtual (Zoom Wabiner) pada 17 July 2020 untuk memperhatikan protokol Kesehatan dalam upaya memutus mata rantai penyebaran covid 19, Ungkapnya.

Kata Obed, Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengangkat dan mempopulerkan buku buku cerita budaya daerah yang mengandung nilai nilai kehidupan serta membangun karakter bangsa, Ucapnya.

Kepsek SD Kristen Rantepao 5, Bare’ Pabisa, Spd didampingi Guru Pembimbing mengatakan bahwa anak didiknya ikut dalam lomba cerita rakyat ke tingkat provinsi.

Kami memberikan persiapan pelatihan satu bulan dalam penguasaan materi dan etting ekspresi serta membentuk sikap karakter anak didik dalam membawakan lomba cerita budaya daerah (Lokal). Ujarnya

Katanya, bahwa Siswa didiknya
Thyfana Selna Tumading dalam ikut Kegiatan lomba bercerita membawakan tentang TA’TULING dan LABONGKO.

Kegiatan Lomba Bercerita yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, kami berharap siswa siswi termotivasi untuk mengikuti cerita rakyat daerah terutama untuk nilai kerifan lokal dalam membentuk karakter anak didik perlu terus digaungkan,Tutupnya.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

one × 4 =