SPIONASE-NEWS. COM,- TORAJA UTARA – Toraja Film Festival (TFF) akan digelar kembali yang akan di Jadwalkan bulan Januari tahun 2020 mendatang . dimana sebelumnya sukses dilaksanakan event tahun 2017 dan 2018.

Hal itu diungkapkan Presiden TFF Belo Tarran, dalam konferensi pers yang diadakan di Café Maballo Senin (16/9/2019) menuturkan, kegiatan TFF ke III ini akan diawali dengan road show ke Lembang-lembang dengan pemutaran film.

” TFF III ini dilaksanakan tahun depan, namun rangkaian kegiatannya sudah berjalan sebelumnya, antara lain kelas film di beberapa sekolah dan workkshop film di Tana Toraja serta seminar film baik Toraja Utara, Ungkapnya.

Kata Belo, Pihaknya s

ekarang memiliki 12 sekolah binaan. Karena tujuan kami memang di pembinaan jadi TFF bukan pembuat film, tetapi akan memberikan hadiah kepada anak-anak muda yang dihasilkan di perfilman dunia.

” TFF III akan mengusung tema “Keragaman Budaya” atau Keberagaman Budaya dengan tetap ada 2 kategori, yaitu kompetisi Film Pendek yang didalamnya adalah Film Fiksi dan Dokumenter dan yang kedua adalah Kategori Kompetisi Profil Video Wisata dengan panjang maksimum durasinya 7 menit,” Jelasnya.

Seraya menambahkan , untuk acara pembukaannya akan digelar pada tanggal 15 Juli 2020 di Tongkonan Pongtiku, Pangala ‘Rindingallo, sementara untuk Malam Penghargaan dan akan dilaksanakan pada tanggal 31 Agustus 2020 di Rantepao dan pemberian Awardnya adalah Tino Sarungallo Award.

Sementara itu ,Vace Presiden TFF, Rudy Rantepasang, mengatakan bahwa yang menjadi target kita adalah anak-anak muda pelajar dan masyarakat untuk terus belajar khusus dalam perfilman .

Kami mendorong pembuat film untuk mencintai Toraja dengan cara merespon dan peduli apa yang terjadi dilingkunganya dan diwujudkan dalam bentuk karya film, ” Ujar Rudy Rantepasang.

Kata Rudy , sebagai bentuk media Literasi (Melek Media) kepada pelajar dan masyarakat agar mampu menggunakan media audio visual kearah yang lebih positif.

Selain memberikan penghargaan, TFF juga akan diisi dengan lokakarya, Seminar Film Exchebition, Toraja Camp Film, dan pemberian hadiah Lifetime Achievement Award.

Untuk itu kita berharap kedepan lebih banyak yang bisa dilakukan di perfilman dan Toraja lewat perfilman bisa mendunia, Tutup Rudy Rantepasang.

Laporan : Agen Saldi (Torut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

ten − 8 =