SPIONASE-NEWS.COM,- JENEPONTO – Kekeringan yang berkepanjangan akibat dari musim kemarau sangat berdampak di Bontang Kelurahan Empoang Selatan Desa Binamu Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulsel, Jum’at (19/9/2019).

Menurut keterangan beberapa warga yang diwakili salah satu masyarakat Bontang Dg. Nyallang, mengatakan bahwa kekeringan terjadi sudah hampir 6 bulan lamanya, dan hal ini berimbas kepada mata pencarian mereka yaitu tambak empang dan lahan Pertanian yang gagal panen.

Terjadinya kekeringan bukan hanya dampak ke kebun dan lahan penghidupan mereka, Akan tetapi berdampak juga pada kebutuhan Air sehari-hari, seperti mandi, cucu piring, cuci pakaian, ini terpaksa tidak di lakukan karena sulitnya air bersih di dapatkan, jelas Dg. Nyallang.

Poto retaknya tanah sawah lahan Pertanian di Binamu

Sampai kebutuhan air untuk masak nasi dan sayur saja hanya terbatas, itupun harus berjalan ke sumur yang jauh milik tetangga yang untung kalau airnya masih ada, Kata Dg. Nyallang berharap.

Pemkab Jeneponto dalam hal ini, hanya diam saja dan belum melakukan upaya-upaya tanggap darurat dalam memenuhi Kebutuhan Air bersih bagi warganya, Kades dan Kecamatan seakan akan tutup mata terhadap persoalan tersebut, yang menurut Dg. Nyallang kekeringan ini bukan hanya tahun ini saja terjadi, tapi sudah dari tahun- tahun sebelumnya, dan sangat ironinya karena bantuan PDAM untuk Air bersih tidak tepat sasaran, karena hanya golongan tertentu yang mendapatkan Air tersebut, dan mereka termasuk orang mampu sebagian, sedangkan kami masyarakat ekonomi rendah (miskin) tidak mendapatkan bantuan Air bersih dari PDAM itu.

Ketua Intra-win Kota Makassar Arief Ashari Amin,SH yang kebetulan berada di lokasi kejadian, Mengatakan bahwa saya berharap Pemerintah melakukan upaya agar Air bersih tetap tersedia dengan contoh Program mobil Tangki keliling, adanya Fasilitas Air bersih yang di berikan oleh masyarakat contohnya Penampungan Air, adapun bantuan PDAM ini hanya di berikan kepada orang-orang yang sudah mampu, sedangkan bantuan untuk orang miskin sangat kurang atau boleh di kata tidak ada, sehingga masyarakat Bontang Kelurahan Empoang Selatan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto seolah-olah di anak tirikan.

“Arief sangat berharap Bupati Jeneponti H. Iksan Iskandar segera peduli rakyatnya dan turun langsung ke lokasi kekeringan secepatnya memberikan bantuan Air bersih di desa Bontang ini,” Tegas Aktivis dan Pengacara Muda ini.

Laporan : Agen Triple A/Agen Uchu K (Jnpt)

Editor : Agen 007 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 4 =