SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pendidikan Kota Makassar bekerjasama dengan Briton English Education-Authorised Cambridge Centre akan menggelar pemilihan duta Bahasa Inggris 2021.

Kompetisi tingkat SMP Negeri dan Swasta se Kota Makassar tersebut akan memperebutkan piala bergilir Wali Kota Makassar hingga memperebutkan hadiah utama berupa beasiswa belajar di Cambridge, Inggris dengan total hadiah senilai Rp 100,000,000 (Seratus Juta Rupiah), Kamis (5/8/2021).

Ketua Duta Bahasa Inggris Makassar, Elyzabeth Emmanuel mengatakan pemilihan Duta Bahasa Inggris mengusung tema “Helping Schools Go Global with International English dengan menghadirkan dua kategori lomba.

“Jadi, kita menghadirkan dua kategori lomba, masing-masing lomba kategori sekolah dengan Nilai Bahasa Inggris terbaik (Top English Achievers). Kemudian yang kedua yakni lomba kategori siswa dengan Bahasa Inggris terbaik (Top English Speakers),”ujarnya.

Ia juga menjelaskan bahwa pemilihan Duta Bahasa Inggris ini akan menjadi agenda tahunan Dinas Pendidikan Kota Makassar dimana para peserta akan memperebutkan Piala Bergilir Wali Kota Makassar.

Lanjutnya, pemilihan Duta Bahasa Inggris untuk tingkat Kota Makassar mengusung program “Makassar Recover” dalam menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) Makassar yang mampu bersaing dan mensosialisasikan pola hidup sehat sehingga membantu siswa-siswi SMP siap dalam menghadapi pembelajaran offline di masa New normal.

“Selain itu, pemilihan Duta Bahasa Inggris ini juga akan memberikan masukan kepada DInas Pendidikan Kota Makassar dalam pemetaan kemampuan Bahasa Inggris siswa-siswi SMP se-Kota Makassar yang akan dijadikan masukan untuk perbaikan pengajaran Bahasa Inggris di sekolah,”urainya.

“Pemilihan Duta Bahasa Inggris ini juga akan diselenggarakan secara virtual mengingat saat ini masih Pandemi Covid-19,”sambungnya.

Bagi Anda yang ingin mengikuti pemilihan Duta Bahasa Inggris tersebut tentunya ada sejumlah tahapan lomba yang harus diperhatikan, seperti:

1) Cambridge English Test I diadakan pada tanggal 25 Agustus 2021 mendatang dengan mengisi form pendaftaran
pada website dbi.britonenglish.co.id/
dan juga bisa Follow dan Like akun Sosial
Media Briton English.

2) Cambridge English Test II diadakan pada tanggal 12 Oktober 2021 mendatang
3) Cambridge Speaking Test melalui IGTV, diadakan pada periode 26 Oktober hingga 15 Desember 2021 mendatang
4) Cambridge Live Speaking Contest diadakan pada tanggal 15 Januari 2022.

“Dan untuk juara 1- 5 Duta Bahasa Inggris Makassar nantinya akan mewakili Makassar untuk bersaing dengan para
juara Duta Bahasa Inggris dari kota-kota lain di Indonesia pada tingkat nasional. Mereka nantinya akan memperebutkan hadiah utama berupa beasiswa belajar di Cambridge, Inggris dengan total hadiah senilai Rp100,000,000,”urainya.

Laporan : Agen 009 Bagas PM/Agen 047 F.Rudolf

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here