SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Tahun 2020 UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Sa’dan II Kabupaten Toraja Utara akan memasang papan informasi disemua kawasan Hutan yang ada di wilayah Kabupaten Toraja Utara.

Hal itu dikatakan Kepala UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Sadang II Dinas Prov. Sulsel Gazali D Ichsan di kantornya Senin (10/8/2020), menuturkan Pihaknya hari ini turun ke lokasi kawasan hutan di dua kecamatan yaitu Kaliakan Kecamatan Nanggala dan Sangkaropi Kecamatan Sa’dan untuk melakukan pemasangan papan bicara (papan informasi) yang bertuliskan himbauan kepada masyarakat.

Dalam mencegah Pendemi copid 19 salah satu untuk sosialisasi dilakukan lewat Pemasangan papan bicara disemua kawasan hutan yang ada di Kabupaten Toraja Utara sehingga masyarakat membaca dan menyadari larangan yang tidak bisa dilakukan dalam Kawasan Hutan, Ungkapnya.

Kata Gazali, Tahun ini UPT Kesatuan Pengelolaan Hutan Sadang II Kabupaten Toraja Utara menargetkan akan melakukan pemasangan 100 Papan bicara di kawasan hutan yang tersebar di 13 Kecamatan kabupaten Toraja utara.

Sebelumya, sudah dilakukan pemasangan papan bicara di tiga Kecamatan yakni Kecamatan Buntu Pepasan, Buntao, Nanggala dan akan tetap fokus pasang pada titik yang rawan hingga memenuhi 100 pemasangan dsemua kawasan hutan.

Agar kegiatan pengamanan tetap berjalan kita melakukan Pemasangan papan bicara yang sumbernya dari swadana (inisiatif UPT Pengelolaan hutan sandang II) Toraja Utara akibat dampak pandemi covid-19, Ucapnya.

Seraya menambahkan Himbauan yang disampaikan kepada masyarakat melalui papan bicara yang telah dipasang di kawasan hutan yaitu larangan pembakaran hutan yang berada di kawasan hutan yang dapat berdampak buruk bagi kita semua. Selain itu juga kita cantumkan SETIAP ORANG DILARANG MEMBAKAR HUTAN yang diatur dalam Undang Undang No 41 Tahun 1999 tentang Kehutanan pasal 50 Ayat(3) dengan ancaman pidana 15 Tahun dan denda paling banyak 5 Mil layar pasal 78 ayat (3).

Kita berharap dengan adanya pemasangan papan bicara sehingga masyarakat tidak masuk hutan merambah yang pada akhirnya dapat merugikan masyarakat sendiri, Tegasnya.

Laporan : Agen 027 Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

19 + 19 =