SPIONASE-NEWS.COM, TORAJA UTARA – Pengelola wisata budaya cagar budaya mengikuti pelatihan yang diadakan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan yang berlangsung di Haritage Toraja Hotel Toraja Utara selama 3 Hari mulai Rabu 13 hingga 15 Oktober 2021

Yorry Lesawengen, Kadis Pariwisata Toraja Utara

Pelatihan wisata cagar budaya dibuka langsung oleh Kadis Kebudayaan dan Pariwisata Yorry Lesawengen yang di hadiri pengurus pengelola cagar budaya, Kamis (14/10/2021).

Adapun para peserta pelatihan mendapatkan materi dan sesi tanyajawab yang dibawakan narasumber dari Kepala Balai pelestarian Cagar Budaya Sulsel dan Sulbar , Drs Laode Muh Aksa, M. Hum dan Prof . Dr.Akin Duli, M.A dari Universitas Hasanudin tentang Potensi Objek Wisata Budaya Toraja Utara berbasis Cagar budaya sebagai Destinasi Pariwisata dan Pelestarian dan pemamfaatan cagar budaya sebagai objek Wisata.

“Sudah 9 bangunan dan situs cagar budaya yang ditetapkan sebagai Cagar Budaya Toraja Utara yang saat ini sedang dalam proses untuk ditetapkan sebagai cagar budaya provinsi Sulsel,” Ungkapnya

Yorry Lesawengen berharap kedepan proses ini terus berjalan untuk ditetapkan sebagai cagar budaya provinsi kemudian menjadi cagar budaya Nasional dan setelah itu masuk dalam tahap warisan budaya dunia. Selain itu ada beberapa situs dan bangunan kedepan akan diproses utk menyusul 9 Cagar Budaya yg sudah ditetapkan sebelumnya, untuk ditetapkan sebagai Cagar Budaya Toraja Utara.

Masih ada tahapan yang perlu dilalui, sehingga diperlukan persiapan selain Infrastruktur juga informasi dan pengetahuan tentang bagaimana seharusnya penanganan yang harus dilakukan terhadap bangunan dan situs cagar budaya sehingga pengelolaan cagar budaya bisa lebih maksimal dan semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung.

Laporan : Agen 027 Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here