SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara mengadakan Bintek Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Lembang dan Kelurahan Kabupaten Toraja Utara di Aula Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara, Rabu (12/06/2024).

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara, Obednego Toding Padang

Sebelumya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara melakukan Lounching SRIKANDI (Sistim Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi) yang dirangkaikan dengan acara pekan perpustakaan.

Adapun para peserta Bimtek mendapatkan materi dan sesi tanya jawab yang dibawakan narasumber dari Sekretaris Daerah Pemkab Toraja Utara Salvius Pasang, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Toraja Utara Obednego Toding Padang, Pustakawan Pusat Ferdy Firsyah, Pustakawan Provinsi Sulsel Kory Batara Tangalayuk.

Kegiatan ini mengangkat thema tentang Kebijakan Pemerintah Daerah, Kebijakan Dinas Perpustakaan Toraja Utara dalam pengembangan Perpustakaan Berbasis Teknologi dan Aplikasi e- book Perpustakaan lewat Zoom Meeting Managemen Perpustakaan.

Pustakawan Provinsi Sulsel, Kory Batara Tangalayuk dalam pemaparannya didepan peserta Bimtek menyampaikan terkait pengertian perpustakaan yang menurut UU perpustakaan pada bab 1 pasal 1 menyatakan perpustakaan adalah institusi yang mengumpulkan pengetahuan tercetak dan terekam , mengelolanya dengan cara khusus guna memenuhi kebutuhan intelektualitas para penggunanya melalui beragam cara interaksi pengetahuan.

” Pengembangan koleksi ,semua kegiatan yang berhubungan dengan kebijakan, pemilihan bahan perpustakaan, pengevaluasian koleksi kegiatan tersebut dilakukan untuk tujuan menghasilkan bahan perpustakaan yang lebih representatif,sesuai kebutuhan pemustaka ,dan secara keseluruhan dapat mewujudkan tujuan perpustakaan” Jelasnya

Kepala Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Toraja Utara, Obednego Toding Padang disela-sela kegiatan Bimtek mengharapkan kepada para pustakawan usai mengikuti Kegiatan Bintek dapat mengelola pustakawan yang berada disekolah, Lembang dan Kelurahan.

“Pengelola pustakawan yang ada disekolah Lembang dan kelurahan untuk dapat melakukan pengelolaan perpustakaan secara maksimal, Tuturnya.

Seraya menambahkan kegiatan Bimtek pengelolaan perpustakaan dan Workshop Story Telling dan lomba bercerita tingkat SD serta budaya tanam hias merupakan rangkaian kegiatan pekan perpustakaan, Tutupnya.

Laporan : Agen 027 Saldi Samara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here