SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Forum Kabupaten Sehat (Forkabtus) kabuputen Toraja Utara melakukan monitoring
untuk mempersiapkan laporan pelaksanaan disertai dokumen
sebagai persyaratan evaluasi oleh tim verifikasi provinsi dan pusat, Minggu (18/04/2021).

Sekretaris Forum Kabupaten Sehat Kabupaten Toraja Utara, Ryo Ritha Pakan didampingi Kepala Dinas Perhubungan Pemkab Toraja Utara, Eduard Limban bersama Dinas Pariwisata, Bappeda dan Satlantas Polres Toraja Utara mengatakan Forum Kabupaten Sehat Toraja Utara akan diverifikasi Provinsi .

Forum Kabupaten Sehat Toraja Utara melakukan monitoring di Kecamatan Kepala Pitu

Sembilan lokus yang akan diverifikasi yaitu sekolah sehat SMPN 1 Kesu’, lokus Kantor adalah Kantor Bupati Morante, lokus Pasar Sehat adalah Pasar Rantebua, lokus Pariwisata Sehat adalah Mentirotiku Kecamatan Sesean Suloara’, lokus Perindustrian adalah Sentra Batik Toraja Lembang Rindingbatu Kecamatan Kesu’.

Selain itu, juga lokus Sehat Mandiri adalah Kelurahan Buntu Barana’ Kecamatn Tikala, lokus Sosial Sehat adalah Panti Asuhan Tagari Kecamatan Tallunglipu, lokus Ketahanan Pangan yaitu kelompok wanita tani (KWT) Sejahtera Lembang Angin-angin Kecamatan Kesu’ dan Lokus Lalu lintas yang sehat adalah jalan lingkar, Ucapnya.

Lanjut Ryo Ritha Pakan, Saat ini Sabtu (17/04/2021) kami melakukan monitoring lokus perhubungan sehat di Forkom Kecamatan Kapalapitu terkait jalan lingkar dan juga pemasangan tanda-tanda rambu lalu lintas pada jalan pariwisata untuk kenyamanan berlalu lintas.

Kecamatan Sesean Suloara terkait lokus pariwisata sehat . kemudian Forum Kabupaten sehat menjadwalkan Senin (19/04/2021) ke Buntu Barana Kecamatan Tikala terkait dengan kesehatan mandiri dan pasar sehat akan melakukan hal sama yakni monitoring Program kabupaten sehat ini adalah salah satu program unggulan bapak Presiden kita.

Bagaimana menerapkan kebijakan freventif agar masyarakat betul-betul tahu menata lingkungan hidupnya dan bagaimana menata kesehatan masyarakatnya sehingga kedua lingkungan menjadi asri dan indah. Ungkap Ryo Ritha Pakan

Sementara itu Camat Sesean Suloara Jotar Popang saat ditemui menuturkan, Dirinya bersama warganya siap melaksanakan tatanan lokus pariwisata sehat diwilayah kerjanya, Tutup Jotar Popang.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here