SPIONASE-NEWS.COM,- JENEPONTO – Sangat Ironis, soalnya ada Jalan berlubang tepat di belakang Kantor Bupati Jeneponto, hal ini banyak dikeluhkan warga disekitar jalan tersebut.

Jalan berlubang tersebut berlokasi di jalan Pelita Kecamatan Binamu Kebupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi Selatan yang berdekatan langsung dengan kantor Bupati Jeneponto.

Pantauan Media Online Nasional Spionase-News.Com di lokasi, terlihat jalan tersebut diberi stickcone sebagai tanda ada jalan yang harus dihindari oleh pengguna jalan, terekam pada hari Jum’at lalu (16/7/2021).

Salah seorang pengendara yang setiap hari melintasi jalan itu mengeluhkan, kalau jalan itu telah rusak beberapa minggu yang lalu, tanpa ada kepedulian dari pihak atau instansi yang berkompeten, untuk peduli agar segera memperbaiki jalan tersebut, apa lagi dapat membuat para pengguna roda dua bisa terjatuh, kalau lubang tersebut tidak segera diperbaiki

“Beberapa minggu laluji itu narusak, belum memang diperbaiki sampai sekarang”, Tutur Nas kepada media ini, Senin (19/7/2021). Ia juga mengeluhkan beberapa jalan di kota Jeneponto banyak yang berlubang dan bergelombang.

Sedangkan Aktivis dan Praktisi Hukum Andi Idham J,Gaffar,SH.MH yang dimintai tanggapannya, mengatakan bahwa ada Undang-undang tentang Lalu Lintas dan angkutan Jalan, jalan yang rusak seperti ini telah diatur oleh Pemerintah yaitu pada pasal 24 Ayat (1) UU No.22 tahun 2009 sangat tegas dikatakan bahwa Penyelenggara wajib segera dan patut untuk memperbaiki jalan yang rusak yang dapat mengakibatkan kecelakaan lalu lintas, Ungkap IJG akronim nama lainnya.

Lanjutnya, Apabila jalan tersebut tidak diperbaiki dan mengakibatkan ada korban laka lantas dengan luka ringan maka akan diancam dengan kurungan penjara paling lama 6 (Enam) Bulan atau denda maksimal Rp.12 juta, sedangkan untuk luka berat, pelaku akan diancam pidana maksimal kurungan 1 (satu) tahun penjara atau denda paling banyak Rp.24 juta, jika korban meninggal dunia, dapat dipidana penjara hingga 5 (lima) tahun atau denda paling banyak Rp.120 Juta, Jelas Aktivis dan Praktisi Hukum ini.

Sedangkan Nas menambahkan, “Banyak juga jalan bergelombang di dalam kota seperti di jalan karya dan sekitarnya”.

Ia pun berharap agar pihak terkait segera memperbaiki jalan tersebut dan selalu memprioritaskan kondisi jalan yang ada di dalam kota.

Sementara itu, kepala dinas Pekerjaan Umum (Kadis PU) Arifin Nur, saat dihubungi media ini pada jum’at (16 Juli 2021) lalu, belum memberikan tanggapannya terkait jalan rusak tersebut yang berlokasi pas di belakang Kantor Bupati Kabupaten Jeneponto.

Sejak berita ini dinaikkan, pihak berkompeten masih tutup mulut, semoga Bapak Bupati Jeneponto Drs.H.Iksan Iskandar, M,Si tanggap dan langsung mengambil sikap, sebelum jalan berlubang tersebut menelang korban laka lantas, ungkap salah satu pengguna jalan yang minta namanya tidak ditulis.

Laporan : Agen 042 Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here