Spionase-News.com–Makassar--Sampai tahun 2018 penyelesaian proyek pembangunan ruang kelas baru (RKB) SMP Negeri 12 Makassar belum kelar – kelar. Akibatnya, bangunan gagal digunakan. Saat ini, kondisi bangunan tampak mangkrak alias terbengkalai. Kondisi ini seakan menjadi pemandangan rutin hari-hari baik siswa, guru dan orang lain bila sedang berada di lingkungan sekolah.

Dari penelusuran informasi, diketahui kalau proyek kelas yang mangkrak ini dikerjakan pada 2012 silam. Rencananya dibangun kelas dua lantai. Bila proyek kelar, bangunan akan digunakan untuk ruang kelas dan ruang kantor.

Namun sayang, proses pekerjaan harus terhenti, lantaran tak ada biaya. Konon, proyek ini tidak terima lagi anggaran. Sampai berita ini diturunkan, kabar berlanjutnya proyek mangkrak ini tidak jelas, kapan lagi dikerjakan ?

Pantauan dilokasi Sabtu, 5 Mei 2018, terlihat jelas kondisi bangunan terbengkalai dan sungguh memprihatinkan. Bagian atas gedung hanya terpasang kaso-kaso berbahan besi baja ringan tanpa diberi atap. Tak ayal bila hujan turun, air langsung tembus lalu merembes ke lantai dasar. Demikian juga tembok kelas lantai bagian atas masih bolong belum dikerja. Hanya tiang – tiang cor (rimbal) berdiri sebagai penguat bangunan.

Guru SMP 12 yang ditemui dilokasi sekolah mengatakan, proyek pembangunan ruang kelas sudah lama berhenti dan tidak ada kejelasan, apakah akan dilanjutkan atau tidak. “Pernah orang tua siswa ingin membantu anggaran pembangunan tapi di larang oleh pihak dinas pendidikan Makassar,”ucapnya.

Sebelumnya diberitakan pada 2016 silam, aparat penegak hukum yakni pihak kejaksaan negeri (kejari) Makassar turut membidik proyek SMPN 12 yang tidak selesai sejak dikerjakan tahun 2012. Pihak kejari mengisyaratkan akan mengusut tuntas proyek pendidikan tersebut.

Pihak kejari ketika itu mengaku telah membentuk tim investigasi untuk melakukan pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan bahan dan keterangan (pulbaket). Kejari mengendus dugaan adanya penyimpangan yang berpotensi merugikan keuangan negara. Diduga ada pihak -pihak lain yang bermain dalam proyek ini. (dilansir www.bkm.fajar.co.id, post on Kamis, 22 /9/2016)

Untuk diketahui, selama ini SMPN 12 termasuk salah satu sekolah negeri unggulan di kota Makassar. Terkhusus masyarakat di wilayah Tamalanrea, SMP 12 menjadi pilihan favorit.

Dulunya sekolah yang bervisi : sekolah unggul cerdas, berprestasi, kompetitif, iptek, imtak dan berwawasan lingkungan ini tercatat sebagai sekolah bertaraf Internasional atau SBI bersama SMP 6 sebelum MK membatalkan program ini.

Laporan : Rusli Rifar

Agen. : 008

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here