SPIONASE-NEWS.COM,- JENEPONTO – Pengadilan dimana sebagai tempat akhir diputusnya seseorang yang bermasalah dalam kasus pidana untuk mencari kebenaran, tapi ironi dengan fasilitas kantor pengadilan itu sendiri, Minggu (22/8/2021).

Hal itu terjadi di Toilet kantor Pengadilan Negeri Jeneponto di jalan Pahlawan Kecamatan Binamu Kabupaten Jeneponto Provinsi Sulawesi selatan yang sangat dikeluhkan pengunjungnya karena Toilet PN Jeneponto tersebut kelihatan tak terurus, jorok dan sangat kotor.

Banyak sampah dan kotoran lainnya berserakan di depan pintu toilet, seakan-akan bagian cleaning service tidak pernah menyentuh toilet dan WC bagian luar tersebut yang berada didekat mesjid Pengadilan Negeri Jeneponto.

Di depan toilet tersebut juga terlihat meja yang telah usang seakan-akan dijadikan tempat penampungan seperti gudang.

Pantauan Spionase-News.com di lokasi, dua kamar toilet yang berada tepat di belakang gedung kantor pengadilan negeri Jeneponto terlihat hanya satu toilet saja yang difungsikan.

Daeng Tompo yang datang berkunjung beberapa waktu lalu mengeluhkan kondisi toilet itu, sambir berujar, bagaimana hakim mau vonis bersih para terdakwa di Pengadilan ini, kalau toiletnya saja kotor seperti ini.

Bahkan menurut Dg.Tompo, saat akan masuk toilet dirinya harus menahan nafas sampai keluar toilet karena tak kuat menahan bau tak sedap.

“Mulai masuk toilet saya tahan nafas sampai keluar toilet biar baunya tidak kecium”, Ucap Dg.Tompo kepada media ini, Kamis (19/8/2021).

Selain kotor dan bau, kondisi daun pintu toilet juga tak bisa terkunci rapat bahkan hanya diganjal dengan batu.

“Saluran pembuangannya tersumbat jadi bikin bau, pintunya pun harus diganjal pake batu biar orang tidak nyelonong masuk”, Kata Tompo.

Sementara itu, Humas Pengadilan Negeri Jeneponto, Brama saat dikonfirmasi mengungkapkan bahwa toilet tersebut sudah tidak lagi difungsikan.

“Itu adalah bangunan lama dari pengadilan, yang sebenarnya sudah tidak difungsikan lagi untuk segala aktivitas di pengadilan”, Ujar Brama saat ditemui di Kantornya, Jum’at (20/8/2021).

Brama pun menjelaskan, bahwa pihaknya telah menyediakan toilet khusus di dalam gedung kantor pengadilan negeri Jeneponto.

“Untuk toilet yang dikhususkan bagi pengunjung sidang itu telah kami siapkan di dalam bangunan pengadilan, dan itu posisinya disamping ruang tunggu pengadilan, setiap hari kami bersihkan, setiap hari kami perhatikan kebersihannya” Lanjutnya

Meski pihaknya telah memiliki petugas khusus untuk menjaga kebersihan, namun kata Brama petugas tersebut hanya difokuskan untuk menjaga kebersihan didalam gedung saja.

“Dibelakang itu sudah tak difungsikan lagi, jadi kalau misalnya terkait toilet yang dibelakang diharapkan teman-teman yang ada di belakang pun memperhatikan kebersihannya”, Lanjutnya lagi.

Selain toilet, salah satu yang menjadi sorotan pengunjung adalah kondisi Musholla yang yang tidak terawat, bahkan dari pantauan media ini terlihat daun pisang yang tumbuh subur masuk kedalam ruangan Musholla.

“Musholla itu tetap difungsikan karena bagaimanapun kita harus tetap menyediakan fasilitas untuk orang beribadah. tapi memang, mohon maaf kondisinya masih dalam tahap renovasi”, Ujar Brama.

Brama pun berjanji akan segera memerintahkan bagian cleaning service untuk segera membersihkan toiletnya dan berharap juga agar Musholla yang sedang tahap renovasi itu bisa segera rampung dan dimanfaatkan dengan baik.

“Ini menjadi masukan kami juga ya, untuk meningkatkan segala fasilitas yang ada di pengadilan, terkait kebersihan toilet dan terkait musholla, doakan saja semoga segera selesai agar masyarakat yang berkunjung bisa memanfaatkannya dengan baik”, Imbuhnya.

Sekedar diketahui, renovasi musholla adalah murni dari dana pribadi para pegawai Pengadilan Negeri Jeneponto.

Laporan : Agen 042 Agung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here