SPIONASE-NEWS.COM,- BULUKUMBA – Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf dan Wakil Bupati H. A.Edy Manaf mengikuti Upacara Taptu atau Pawai obor yang digelar setiap tanggal 16 Agustus pukul 19.00 Wita, dimana kegiatan tersebut merupakan rangkaia€n kegiatan yang tak terpisahkan dalam perayaan Hari Ulang Tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke 76, sebagai salah satu bentuk untuk mengenang dan mengingat kembali para pahlawan bangsa yang telah memperjuangkan harta, darah bahkan nyawa untuk menghadiahkan Kemerdekaan bagi bangsanya.

Bertempat di halaman Rujab Bupati , Upacara Taptu tersebut dipimpin Ketua DPRD Bulukumba H. Rijal S.Sos selaku Inspektur Uacara, dan dihadiri unsur Forkopimda Bulukumba, para Kepala OPD, serta para Personil dari Kodim 1411, Polres Bulukumba, Taruna Siaga Bencana (Tagana) Bulukumba dan Pramuka, Senin (16/8/2021)

Disebabkan pandemi covid-19, peserta upacara tahun ini dibatasi jumlahnya serta harus mengikuti protokol kesehatan.

Sebelum dilepas untuk diberangkatkan, para peserta terlebih dahulu mendengarkan arahan serta rute Taptu. Setelah itu para peserta menyalakan obor secara berurutan yang diawali dengan penyalaan obor oleh Inspektur Upacara.

Nyanyian lagu perjuangan serta nuansa malam yang dihiasi cahaya obor para peserta membuat suasana Nampak dramatis, sehingga hal itu sesuai dengan tujuan dilaksanakannya kegiatan tersebut, yakni untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat.

Seusai mengikuti upacara Taptu, pada pukul 24.00 dilaksanakan Upacara Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan Taccorong yang dipimpin oleh Kapolres Bulukumba AKBP Suryono Murtedjo yang diikuti Bupati dan Wabup serta, para Pejabat dan Peserta Lainnya.

Dalam kegiatan Upacara Renungan Suci ini untuk mendoakan para pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasanya dalam memperjuangkan Kemerdekaan Republik Indonesia.

Laporan : Agen 040 Rustan R Jentak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here