SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Puluhan peserta pelaku usaha pengelola objek wisata , Hotel Restorant , Rumah Makan bersama Komunitas mengikuti sosialisasi penerapan protokol kesehatan yang diadakan Dimuseum Pongtiku Kelurahan Penanian Rantepao Kabupaten Toraja Utara.

Adapun dalam Sosialisasi para pelaku pengelola objek wisata, Hotel, Restaurant dan Rumah Makan mendapatkan materi dan sesi tanyajawab untuk memberikan masukan dan tangapan dalam pencegahan covid-19 sebelum dilakukan pembukaan sejumlah tempat objek wisata didaerah ini.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Toraja Utara Yorry Lasewengan di depan para pelaku pengelola usaha Pariwisata Rabu (10/6/2020) mengatakan pemerintah kabupaten akan melakukan pembukaan beberapa tempat objek wisata secara terbatas dan bertahap dengan memenuhi kewajiban dan penerapan protokol kesehatan.

“Ada 6 tempat Objek wisata yaitu Kete Kesu, Londa, Kalimbuang Bori, Lolai Lempe Pallawa dan To’Tombi telah direkomendasikan oleh pemkab yang menyatakan siap dan wajib memenuhi penerapan protokol kesehatan dalam pembukaan tempat objek wisata tersebut,” Ungkapnya.

Kata Yorry, Bagi yang hendak berwisata ketempat 6 objek wisata yang telah dibuka kembali para pengunjung siap memenuhi semua penerapan protokol kesehatan, Wajib wisatawan mengikuti prosedur disinfeksi kendaraan dan barang bawaan pada saat memasuki area objek dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh serta mencuci tangan dengan sabun mengunakan masker, Jaga jarak selama berada dalam Are objek, Tegasnya.

Lanjut Yorry, Sebelumnya disbudpar akan turun kembali melakukan pengecekan dalam melihat kesiapan objek wisata untuk direkomendasi ke Satgas covid-19, ” Wajib bagi Hotel , Restoran dan rumah makan serta pengelola Objek wisata melakukan penerapan Protokol Kesehatan dalam mencegah pandemi covid-19, Seperti menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun dilobby pintu masuk sebelum memasuki area Pariwisata, ” jelasnya.

Seraya menambahkan pengelola objek wisata wajib melakukan pengawasan penerapan protokol kesehatan dan memberikan teguran apabila ada pelanggaran protokol kesehatan,” Mengatur 1 Group wisatawan dengan maksimal 10 orang saja berkumpul dan tidak lebih, ” Harapnya.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

six + twelve =