SPIONASE-NEWS.COM, – PAREPARE – Salah satu persoalan yang dihadapi masyarakat Ajattapareng, khususnya di wilayah kota Parepare ialah maraknya penyalahgunaan obat terlarang jenis narkoba. Hal tersebut menimbulkan keprihatinan berbagai pihak, terutama Kodim 1405/Mlts, Sabtu (14/03/2020).

Guna melaksanakan tindakan pencegahan terhadap perkembangan kejahatan pelaku narkoba, Kodim 1405/Mlts menggelar kegiatan penyuluhan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) tahun 2020 bagi personil prajurit, PNS dan Persit Kartika Candra Kirana Cabang XL Dim 1405/Mlts di Makodim 1405/Mlts Jalan Jend. Ahmad Yani Km. 4 Kelurahan Lapadde Kecamatan Ujung, Kota Parepare.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni sejumlah pejabat dan perwira TNI Mayor Inf Oberan Tandirerung (Kasdim 1405/Mlts), Para Perwira Staf Kodim 1405/Mlts, Kapten Inf Abd. Sadar, SR (Danramil 1405-02/Soreang), Kapten Inf Basri (Danramil 1405-03/Bacukiki), Lettu Inf Muh. Sumardin (Danunit Intel Kodim 1405/Mlts, Ipda Masudi, S.H (Kanit II Narkoba Unit Sidik Polres Parepare), Para Pama Kodim 1405/Mlts, Ny. Ali Syahputra Siregar (Ketua Persit KCK Cabang XL Kodim 1405/Mlts), Ny. Dorce Oberan. T (Wakil Ketua KCK Cabang XL Kodim 1405/Mlts ), Para Ketua anak Ranting Kodim 1405/Mlts, serta para personel dan PNS Kodim 1405/Mlts.

Hadir dalam kesempatan itu juga utusan dari Polres Parepare, yakni Bripka Herwin (Unit sidik Polres Parepare), Briptu Nuraini (Unit sidik Polres Parepare), dan sekitar 130 peserta yang tergabung dalam pengurus dan anggota Persit KCK Cabang XL Dim 1405/Melts.

Dalam sambutannya, Kasdim 1405/Mlts menjelaskan maksud kegiatan penyuluhan tersebut dilaksanakan.

“Pelaksanaan sosialisasi P4GN tidak lain mengupayakan pencegahan dan pemberantasan terkait peredaran dan penyalahgunaan Narkoba dengan melibatkan peran serta segenap elemen Sat Narkoba Polres Parepare,” demikian ujar Mayor Inf Oberan Tandirerung.

“Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya antisipatif melindungi anggota khususnya Makodim 1405/Mlts dari penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba yang kian memprihatinkan dan semakin meningkat dari waktu ke waktu baik secara kuantitas maupun kualitas,” tambah Mayor Inf Oberan Tandirerung menghimbau.

Lebih lanjut ia membeberkan bahwa kota Parepare ini bukan tempat masuknya Narkoba melainkan hanya sebagai daerah pelintasan, sehingga perlu kerja sama memberantas narkoba ini sampai akar-akarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kanit II Narkoba Unit Sidik Polres Parepare Bripka Herwin menjelaskan bahwa kegiatan ini untuk memberikan Pembinaan dan penyuluhan Pemberantasan Penggunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) agar dapat menciptakan generasi muda yang bebas dari Narkoba yang sudah menghawatirkan masyarakat.

Ia juga menguraikan agar orangtua dapat memperkenalkan jenis-jenis narkoba kepada anak-anaknya, terutama yang marak beredar saat ini. Untuk mencegah makin meningkatnya peredaran narkoba Satuan Narkoba Polres Parepare juga memberikan sosialisasi bahaya penyalahgunaan Narkoba dalam menciptakan pemahaman bagi Remaja sebagai generasi penerus agar berakhlak mulia bebas dari narkoba.

“Apabila ada dari keluarga yang terkena dampak bahaya narkoba agar segera disampaikan kepada Tim kami agar ada upaya mengambil langkah meredam sehinggah tidak sampai di Rebilitasi dan kami antisipasi dlm penanganannya,” jelas Bripka Herwin.

Usai pemaparan materi, dilanjutkan dengan tes urine kepada 30 orang Personil TNI/PNS dan keluarga Kodim 1405/Mlts, yang secara keseluruhan hasilnya negatif. Kegiatan ini berakhir pada pukul 09.45 Wita.

Laporan : Agen Jumardin
Editor : Agen 077 PRM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

4 + eighteen =