SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Toraja Utara, melakukan kegiatan Rapat Koordinasi Tim Internal Pembentukan Lembang Tangguh Bencana Toraja Utara, Senin (6/4/2020).

Rapat yang di Pimpin Kepala BPBD Toraja Utara, Alexander Tappang dan juga dihadiri beberapa instansi terkait dan OPD, utamanya dari pihak TNI dan Polri sebagai tulang punggung membantu mengsukseskan kegiatan ini.

Sehari sebelumnya yaitu Sabtu tanggal 4 April 2020 telah dibentuk Tim Penanggulangan Lembang Tangguh Bencana Tanah Lonsor Toraja Utara, dan hari ini kami rapat koordinasi dengan Tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lembang Tangguh Bencana di tempat ini, jelas Alexander Tappang.

Alexander Tappang menjelaskan maksud dan tujuan pengembangan Lembang Tangguh Bencana Tanah Longsor Toraja Utara adalah :

1. Melindungi masyarakat yang tinggal di kawasan rawan bencana.

2. Meningkatkan peran serta masyarakat khususnya kelompok rentan dan mengelola sumber daya dalam rangka pengurangan resiko bencana.

3. Meningkatkan Partisipasi Masyarakat dalam mengelola sumber daya dan memelihara kearifan lokal untuk mengurangi resiko bencana.

4. Meningkatkan kapasitas Pemerintah dalam memberi dukungan sumber daya dan teknis bagi pengurangan resiko bencana.

5. Meningkatkan kerjasama antar pemangku kepentingan dalam pengurangan resiko bencana baik itu Pemerintah Daerah, Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa, sektor swasta, perguruan tinggi LSM, dan organisasi-organisasi lainnya yang peduli terhadap Pengurangan resiko bencana.

Lanjut Alex, Kegiatan ini merupakan inovasi BPBD Toraja Utara melalui proyek perubahan Diklatpim II angkatan ke IV dengan judul “Lembang Tangguh Bencana Tanah Longsor (Bang Batagor)” , Kegiatan Diklat ini yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara Republik Indinesia (LAN -RI) tahun 2020.

Alex Tappang menambahkan, bahwa Pembentukan Lembang Tangguh Bencana ini di harapkan, Lembang mampu mengenali ancaman di wilayahnya dan mampu mengorganisir sumber daya masyarakat untuk mengurangi resiko bencana terhadap bencana alam, Jelasnya.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

18 + eight =