SPIONASE-NEWS.COM,- MASAMBA – Pasca banjir bandang yang terjadi di Kecamatan Masamba Kabupaten Luwu beberapa hari yang lalu, seluruh saluran air yang ada di Masamba tersumbat. Tim SAR Batalyon A Pelopor bersama Relawan PMI dan Yayasan Haji Kalla pembersihan saluran air yang berada di Jalan Lesangi Kelurahan Bone Kabupaten Luwu Utara, Minggu (19/07/2020).

Pasalnya seluruh material yang terbawa banjir bandang tersebut menimbun dan menutupi seluruh saluran air,” Kondisi ini tentunya sangat rawan, apalagi saat ini masih turun hujan, dan dihawatirkan jika hujan dapat meluap kembali akibat saluran tidak berfungsi,” sebut Ipda Muh. Fadly yang memimpin kegiatan ini.

Menurutnya untuk mengurangi resiko banjir akibat hujan saluran air harus segera dibersihkan. Untuk mengatasinya Tim Gabungan Tengah melakukan pembersihan saluran air agar aliran air lancar apabila turun hujan.

Personel Batalyon A Pelopor diterjunkan terlihat bergotong royong bersama bersama Relawan PMI dan Yayasan Haji Kalla dengan menggunakan mensin penyedot air yang telah disiapkan sebelumnya, untuk membersihkan dan menyedot sisa – sisa endapan lumpur yang menutupi drainase.

“Selain membersihkan rumah – rumah warga dan fasilitas umum, Tim Kemanusiaan yang diterjunkan juga melaksanakan pembersihan drainase dan sumur – sumur warga.” Ucap Dansat Brimob Polda Sulsel.

Dirinya mengatakan, Kegiatan ini merupakan wujud bhakti brimob untuk masyarakat dengan berupaya semaksimal mungkin untuk membantu masyarakat.

Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol Muhammad Anis saat ditemui dilokasi menyatakan Kegiatan Bakti Sosial tersebut dilaksanakan dalam rangka Bhakti Brimob Untuk Masyarakat dengan upaya mengurangi dampak yang dialami masyarakat yang diakibatkan musibah banjir yang beberapa hari yang lalu.

“Pembersihan sarana dan prasarana untuk peruntukan masyarakat oleh tim gabungan diperbaiki khususnya pasar dan pusat pertokoan agar pemulihan ekonomi masyarakat segera teratasi dengan baik, kebutuhan pokok masyarakat secara perlahan kami penuhi dengan adanya Mobil Dapur Lapangan yang membagikan makanan setiap hari ini adalah wujud nyata Bhakti Brimob Untuk Masyarakat,” kata Muhammad Anis.

“Diharapkan pembersihan massal ini mampu mempercepat pemulihan aktivitas dan berjalannya perekomian masyarakat Kabupaten Luwu Utara Khususnya di Masamba,” tandasnya.

Senada dengan Dansat Brimob, Danyon A Pelopor AKBP Darminto menyampaikan “Personel kami akan beruapaya semaksimal mungkin untuk masyarakat agar situasi Masamba bisa kembali normal, ini merupakan wujud nyata Bhakti Brimob Untuk Masyarakat” Ujar Darminto.

Lebih khusus, Darminto menguraikan langkah-langkah yang dilakukan Personel Batalyon A Pelopor dilokasi bencana diantaranya, melakukan pembersihan pemukiman warga dan fasilitas umum, serta pengurasan sumur warga bersama dengan Personel TNI dan Tim Relawan, hingga pengadaan kendaraan dapur lapangan untuk memenuhi kebutuhan pangan warga.

Darminto menambahkan sesuai dengan Motto pengandian Brimob ” Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan ” Personel Batalyon A Pelopor yang terlibat aksi sosial tersebut akan berupaya semaksimal mungkin membantu warga yang terdampak banjir di Kabupaten Luwu Utara Khusunya Masamba.” melayani dan membantu masyarakat itu sudah menjadi kewajiban dari Personel Brimob Khususnya Batalyon A Pelopor. personel kami akan memberikan bantuan semaksimal mungkin untuk masyarakat, itu sebagai Bhakti Brimob Untuk Masyarakat dan menjadi motto pengabdian Brimob yaitu Jiwa Ragaku Demi Kemanusiaan”, Tutup Darminto.

Laporan : Agen 009 Bagas PM/Agen Acy/hmk

Editor : Agen 007 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

three × four =