SPIONASE-NEWS.COM, – PASAMAN SUMBAR – Untuk Saat ini Pasaman Masih Aman, Terkait Virus Corona. Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman menegaskan belum satu pun masyarakat setempat yang berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) terkait virus Corona (Covid-19) di daerah itu.

“Kita sudah lakukan pengecekan ke seluruh lapisan masyarakat dengan melibatkan seluruh tenaga medis hingga Puskesmas yang ada di Pasaman.

Alhamdulillah hingga saat ini belum satu pun masyarakat kita berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP) apalagi terinfeksi virus corona (Covid-19),” terang Kepala Dinas Kesehatan Pasaman, dr Arnida, Senin (16/3/2020).

Meskipun demikian kata dr. Arnida, pihaknya tetap memaksimalkan pengawasan dan pengecekan kesehatan masyarakat dalam mengantisipasi infeksi virus corona.

“Sesuai intruksi Bapak Bupati, kami sudah memerintahkan kepada seluruh tenaga medis hinga di pelosok daerah untuk tetap meningkatkan kewaspadaan. Kemudian dilakukan pengecekan kesehatan masyarakat dengan cermat dan teliti setiap pasien yang memiliki ciri-ciri penyakit saluran pernapasan,” katanya.

Disamping itu kata dia, sejak beberapa hari terakhir sudah mulai digencarkan sosialisasi pencegahan virus corona.
“Seluruh Puskesmas sebagai ujung tombak Dinas Kesehatan sudah mulai melakukan sosialisasi di tengah-tengah masyarakat. Mulai dari pengenalan bahaya virus corona, ciri-ciri terinfeksi, dan langkah pencegahannya,” katanya.

Pihaknya juga tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dalam menghadapi situasi saat ini ditengah gencarnya pemberitaan virus corona.

“Tetap tenang dan tidak cemas. Namun tentu tidak menganggap enteng dan ceroboh. Jaga pola kesehatan, kurangi beraktifitas dengan keramaian, dan cuci tangan dengan sabun secara rutin dan sesering mungkin,” ujarnya

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat menggunakan masker bila flu atau batuk. Kemudian bila batuk atau bersin maka tutup mulut atau hidung dengan tisu atau dengan lipatan siku tangan.

Laporan : Agen 074 Ris

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

sixteen + six =