SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Puluhan OPD dan KPM (Kader Pembangunan Manusia ) mengikuti pembentukan dan Pelathan Kader pembangunan Manusia Kabupaten Toraja Utara yang diadakan oleh Dinas Kesehatan Toraja Utara di Hotel Misliana selama 2 Hari dimulai Selasa 4 – 5 Agustus 2020.

Kegiatan pembentukan dan pelatihan kader pembangunan manusia kabupaten Toraja Utara di buka langsung oleh Bupati Toraja Utara Dr. Kalatiku Paembonan didampingi Kepala Dinas Kesehatan Toraja Utara Elizabeth R Zakaria dihadiri sejumlah Kepala Dinas OPD terkait Lingkup Toraja Utara, Selasa (04/08/2020).

Bupati Toraja Utara Dr Kalatiku Paembonan dalam sambutan pembukaannya menuturkan bahwa kader pembangunan manusia Toraja Utara untuk menciptakan terus langkah inovasi dan kreatif.

“Untuk mencegah stunting perlunya dibentuk kader pembangunan disetiap lembang (Desa) yang ada di kabupaten Toraja Utara, Ujarnya.

Kata Kalatiku, Untuk perjuangkan kebutuhan masyarakat perlunya perhatian keseriusan dari KPM yang ada pada lembang utamanya pola Hidup masyarakat perlu untuk difasilitasi.

Tenaga Ahli Toraja Utara bidang Pendidikan dan Kesehatan menyampaikan bahwa untuk mencegah Stunting perlunya dibentuk Kader Pembangunan Manusia disetiap lembang (Desa) Hasil data Stunting sesuai jmput aplikasi yang didapatkan disetiap puskesmas untuk mencegah Stunting maka telah disepakati membentuk 15 daerah Locus untuk mencegah Stunting.

Ia menjelaskan bahwa bedah kader pemberdayaan masyarakat dengan KPM.Kalau pemberdaayaan masyarakat lebih cenderung bagaimana membuat orang merubah perilaku sedangkan KPM bagaimana membangun manusianya yang intervensinya mulai dari Usia 0 sampai 2 Tahun atau seribu hari tanda kehidupan yang merupakan peran dan fungsi KPM nantinya yang berada di setiap lembang (Desa).

KPM yang dipilih oleh masyarakat lembang untuk bekerja membantu pemerintah lembang dalam memfasilitasi masyarakat desa dalam merencanakan, melaksanakan dan mengawasi pembagunan SDM lembang (Desa), Jelasnya.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

fifteen + 16 =