SPIONASE-NEWS.COM,-BANDA ACEH – Dinas pendidikan provinsi Aceh gelar gebyar literasi siswa dalam giat prestasi Pramuka yang diikuti 23 kabupaten/kota dihotel grand Aceh syariah lamlhom, (11-14/8).

Kegiatan giat Pramuka penegak tingkat SMK sekolah Aceh ini dibuka oleh Kabid pembinaan SMK, Teuku Miftahudin.

Dalam penyampaian Teuku Miftahuddin mengatakan, bahwa ada tujuh hal yang ingin dicapai diantara memotivasi siswa untuk meningkatkan ketrampilan literasi dalam kerangka pembangunan pendidikan vokasi, berkarakter dan berpikir analitis. Kritis, evaluatif, imajinatif, kreatif,.” Ini sebagai bekal menghadapi persaingan dan tuntutan kerja” harap pak Miftah.

Dalam kegiatan giat Pramuka dilombakan lomba sudut baca literasi, literasi vokasi kearifan lokal, LKBB, rangking, kegiatan senam, tali temali, semaphore, penjelajahan, etika. Para dewan juri terdiri dari guru literasi Aceh, Aceh Scout leader dan dari IGI Aceh.

Bukhari seorang juri dari anggota literasi Aceh mengaku salut, bangga serta suprise dengan peserta yang ikut lomba. “meskipun banyak kelemahannya kita akan terus memberikan support dan berharap sekolah mengerakkan gerakan literasi sekolah”.

Hal senada disampaikan M.Nasir, juri lomba Pramuka, kita salut dengan penyelenggaraan giat Pramuka penegak SMK yang dipadukan dengan gerakan literasi sekolah, ini terobosan baru dimana Pramuka dan literasi dipadukan dan ini juga meningkatkan minat baca siswa serta membudayakan membaca dikalangan Pramuka.

Laporan : Agen Mti (Aceh).

Editor : Agen 007 IJG

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

20 − fourteen =