SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Momentum HARI TANI NASIONAL yang jatuh pada tanggal 24 september. Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu (HPMM) Menggelar Aksi Demonstrasi Tuntaskan Konflik Agraria di kabupaten Enrekang. Mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Pelajar Mahasiswa Massenrempulu Menggelar Aksi Demonstrasi Di kantor Gubernur dan flay over Guna memperingati hari Tani Nasional .

Jendral Lapangan Aksi Jurais, mengatakan bahwa aksi ini bukan sekedar memperingati Momentum tapi bagaimana kami selaku mahasiswa prihatin dengan Konflik Agraria yang berkepanjangan sampai sekarang khususnya di Kabupaten Enrekang, salah satu konflik yang terjadi yakni kasus PTPN XIV yang ada di Kecamatan Maiwa Kabupaten Enrekang, Hingga sekarang belum ada kejelasan terkait konflik antara Masyarakat dan pihak PTPN XIV.

Zulfikri selaku Ketua Umum PP-HPMM Enrekang, mengatakan kami turun Aksi Demostrasi untuk memeperingati Hari Tani Nasional dengan Grand Isue “HPMM menggugat Tuntaskan Konflik Agraria di Kabupaten Enrekang.”

Massa yang tergabung dalam Aksi Demonstrasi ini adalah semua jajaran yang tergabung dalam cabang maupun komisariat se HPMM Yang di kordinir langsung Oleh PP-HPMM Enrekang.

Adapun Tuntutan Aksi yakni :
1.Mendesak dinas kehutanan provinsi Sul-sel menghentikan permohonan Inventarisasi dan verifikasi penguasaan tanah dalam kawasan Hutan di Desa Tallu Bamba kecamatan Enrekang
2.Mendesak Pemda Kabupaten Enrekang untuk menindak lanjuti hasil Pansus DPRD Kabupaten Enrekang atas PTPN XIV di Kecamatan Maiwa.
3.Mendesak PTPN XIV untuk menghentikan Aktivitas dan segera angkat kaki dari Kabupaten Enrekang.
4.Tolak Kelapa sawit sebab telah merampas penghidupan Masyar akat di Kabupaten Enrekang.
5.Mendesak PLTMH untuk transparasi dana CSR
6 .Tolak rencana PLTA di Dusun Buttu Batu Kecamatan Enrekang
7.Tolak Rencana Tambang marmer di Buttu batu Kecamatan Enrekang
8.Menolak segala bentuk Pungli di Dinas pertanian Kabupaten Enrelang dan meminta PEMDA Kabupaten Enrekang menjaga stabilitasi Harga hasil Pertanian

Aksi Ini sempat memanas karena beberapa dari Massa Aksi menahan mobil Truk untuk di jadikan mimbar orasi, tapi pemilik mobil tersebut melarikan diri karena takut sehingga beberapa Massa Aksi hampir terjatuh dari atas mobil tersebut.

Laporan : Agen Mansyar (Mks)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

four × 5 =