SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel bersama jajaran Dinas Kesehatan Makassar melakukan peninjauan dan penilaian pelayanan kebersihan toilet di tempat umum. Kegiatan ini dalam rangka Gerakan Toilet Bersih, Sehat, Aman dan Nyaman Bersama Masyarakat (Getol Bertamasya) Sulsel. pada hari Kamis (29/02/2024)

Koordinator Tim Penilai Getol Bertamasya Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel, Lukman Sanusi mengatakan, semua toilet yang ada di tempat fasilitas umum dilakukan peninjauan guna memeriksa kebersihannya.

“Semua toilet yang ada di tempat-tempat fasilitas umum kami periksa. Apakah betul-betul bersih, sehat dan aman. Supaya masyarakat yang berada di toilet umum itu merasakan kenyamanan saat menggunakan toilet tersebut. Intinya agar pelayanan yang baik dan harus lebih bagus. Sehingga bisa menurunkan sumber penyakit. Karena kita ketahui bahwa toilet yang kurang bersih adalah sumber dari penyakit.” Tuturnya.

Dikatakan bahwa kegiatan ini merupakan program pertama di Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel dan merupakan ide dari Penjabat Gubernur, Bahtiar Baharuddin. Ia juga berharap agar kegiatan ini tidak hanya pada Dinkes Provinsi tapi juga diikuti oleh Dinkes lain baik di Kota maupun Kabupaten.

“Kami berharap kegiatan seperti ini tidak hanya di Dinas Kesehatan Provinsi. Tapi juga diikuyi oleh seluruh jajaran Dinkes ditingkat Kabupaten dan Kota. Dan kami berharap ini bisa menjadi agenda tahunan.” Ujarnya.

Sementara untuk penilaian Toilet di Makassar Mall (Pasar Sentral) menurutnya sudah cukup bagus meskipun terdapat beberapa kamar yang tidak berfungsi dan juga ada kran air yang tidak berfungsi.

“Tapi lumayanlah cukup terjaga kebersihannya padahal kita tau bahwa di pasar itu kan begitu banyak ragam orang-orang yang berdatangan. Sehingga perlu mendapat perlakuan khusus. Paling tidak ada selalu pembersihan disetiap waktu dalam sehari.” Imbuhnya.

Terpisah, Direktur Umum Perumda Pasar Makassar, Muhajir mengatakan tak lupa menyampaikan rasa terimakasih kepada Tim Dinkes Provinsi dan Dinkes Kota Makassar yang telah memberikan penilaian positif dan memberi masukan untuk pelayanan dan kebersihan toilet yang ada di lantai dasar dan lantai satu Makassar Mall. Juga tak lupa menyampaikan terimakaaih kepada pihak pengelola Makassar Mall atas segala kerjasama dan perhatiannya.

“Kami bersyukur dan berterimakasih dengan adanya kegiatan ini dan berharap jangan hanya sekali setahun tapi diadakan secara kontinyu supaya kita bisa siap dan penuh perhatian dalam hal memberikan pelayanan dan kebersihan.” Ujarnya.

Sebagaimana diketahui dalam kegiatan ini Tim Penilai mengunjungi sejumlah tempat secara acak yakni Perkantoran, Rumah Ibadah, Sekolah, Pasar dan Puskesmas. Didampingi oleh jajaran Dinkes Kesehatan Kota Makassar dan Divisi Ketertiban dan Kebersihan Perumda Pasar.

Laporan : Agen 009 Bagas PM/070 Marsuki Dg,Nuntung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here