SPIONASE-NEWS.COM TORAJA UTARA – Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Kabupaten Toraja Utara telah memprogramkan pemberdayaan bedah rumah umtuk wilayah kawasan Kumuh di 2 Kecamatan Toraja Utara tahun 2020.


Kedua Kecamatan yang menjadi prioritas untuk mendapatkan program rumah bedah tahun ini yaitu Kecamatan Tallunglipu dan Rantepao Hal itu dikatakan Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Pertanahan Toraja Utara Daniel Tandi saat mengadakan Forum SKPD dan Sosialisasi kegiatan Pemberdayaaan Masyarakat yang berlangsung di Hotel Misliana, Senin (9/3/2020).

Dihadiri Kepala Dinas Pertakim Toraja Utara Daniel Tandi, Wakil Ketua DPRD Toraja Utara, Kepala Dinas PTSP, Pdam, PLN, Camat, Kepala Lembang.

Ia mengatakan, Pihaknya yang menjadi prioritas didaerah ini telah programkan Bedah rumah (Program Swadaya ) yang akan ditempatkan pada 8 lokasi dengan masing masing 20 Unit perlembang.

“Kami mengundang hadir semua kepala lembang dan Kelurahan yang mendapatkan program pemberdayaan di Kantor Dinas Perkimtan sebagai informasi awal sehingga dapat mempersiapkan nantinya,” Jelasnya.

Lanjut Daniel Tandi, selain itu tahun ini juga daerah ini mendapatkan program 12 Pansimas yang anggaranya dari APBD dan APBN dengan membutuhkan kontribusi melalui alokasi Dana Lembang, Swadaya, Inkes Inkain.

Khusus DAK SPAM (Air Minum) dan Pansimas yang merupakan program pemberdayaan ini akan dikelola secara swadaya tidak boleh dipihak ketigakan, untuk itu masing masing Lembang (Desa) yang mendapatkan program ini untuk segera mempersiapkan kelompok Swadaya masyarakat atau Badan pengelola SPAM untuk melaksanakan sesuai asas mamfaatnya yang dapat digunakan dengan jangka panjang, Ucap Daniel Tandi seraya menambahkan bahwa Kami juga sudah merencanakan akan mengangkat 12 Polisi sepandan yang akan dibagi 3 tim untuk menangani 7 kecamatan dalam menangani pengelolaan pendataan pendirian IMB. Tutur Daniel Tandi.

Sekretaris Dinas Perkimtan Kristian Y Mendeng menambahkan, Forum SKPD dan Sosialisasi Pemberdayaan Masyarakat dimaksudkan untuk menyamakan hasil Musrembang tingkat kecamatan dengan rencana kerja sehingga terkoneksi Menjaring usulan Skala Prioritas hasil Musrembang sehingga semua bisa terkoneksi atau terintegrasi, Ujar Kristian.

Laporan : Agen Saldi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 1 =