SPIONASE-NEWS. COM,- JAKARTA – Koalisi masyarakat kawal seleksi Anggota BPK RI yang terdiri dari Relawan Jokowi Mania (JOMAN), Jaringan Informasi Rakyat (Jari Rakyat), Pusat Kajian Keuangan Negara (Pusaka Negara), Komite Aksi Pemuda Anti Korupsi (KAPAK), menyampaikan surat resmi kepada Deputi Bidang Pencegahan KPK pada Selasa, 13 Agustus 2019, perihal permohonan untuk mengawasi proses seleksi atau pemilihan calon Anggota BPK periode 2019-2024.

Alasan Koalisi Rakyat melaporkan adalah sebagai berikut:

1) Adanya indikasi potensi suap atau politik uang dalam pemilihan Anggota BPK yang akan dilaksanakan oleh Komisi XI DPR.
2) Munculnya calon atau figur politisi dan figur yang diragukan integritasnya dalam seleksi Anggota BPK menguatkan dugaan akan terjadinya politik transaksional.
3) Proses seleksi calon Anggota BPK sejak awal tidak berjalan dengan fair, abu-abu, dan tidak memenuhi azas-azas yang ditetapkan oleh Peraturan DPR. Hal ini memunculkan dugaan bahwa Komisi XI tidak menjalankan seleksi dengan benar dan ala kadarnya, sehingga berpotensi melanggar hukum dan terbukanya ruang negosiasi.
4) BPK adalah lembaga tinggi negara yang dibentuk oleh UUD 1945 sehingga proses rekrutmen terhadap pejabatnya mesti profesional, akuntabel dan transparan.

Jika proses seleksi terindikasi ala kadarnya, maka kami mengkhawatirkan kredibilitas dan integritas calon terpilih dalam upaya pencegahan terhadap KKN dan penyelamatan keuangan negara.

Berdasarkan alasan di atas, maka Koalisi Masyarakat Awasi Seleksi Calon Anggota BPK bersikap:
1) Agar KPK mengawasi secara aktif seleksi calon Anggota BPK dan memantau indikasi terjadinya suap dan politik uang.
2) Agar Komisi XI tidak memilih figur politisi dan figur yang cacat secara integritas demi menyelamatkan marwah BPK sebagai lembaga tinggi negara.
3) Mengajak elemen masyarakat untik turut mengawasi dan mengawal proses seleksi dari awal hingga voting di Komisi XI nantinya.

Jaga Integritas, Independensi, dan Profesionalisme BPK RI Dalam Menjalankan Tugas Konstitusi. Tolak Politisi dan Orang Cacat Integritas Masuk Menjadi Anggota BPK.

laporan : Agen Arunggona/FH (Jkt)

Editor. : Agen 008 HI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here