SPIONASE-NEWS.COM,- TORAJA UTARA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara menyelenggarakan Rapat Koordinasi persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Misliana Toraja Hotel, Kamis (07/12/2023).

Rapat koordinasi dibuka langsung oleh Plh KPU Toraja Utara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM, Harsal Lahiya didampingi Anggota Komisioner lainnya.

Dihadiri PPK, PPS Polres Toraja Utara dan Satpol PP Pemkab Toraja Utara.

Adapun para peserta PPK dan PPS mendapatkan materi dan sesi tanya jawab yang dibawakan narasumber dari Kadis Kesehatan Toraja Utara, BPJS Kesehatan Cabang Makale wilayah Enrekang, Tana Toraja, Kabag OPS Polres Toraja Utara, Satpol PP.

Dinas Kesehatan Toraja Utara, Elizabet R Zakaria dalam paparanya tentang Tata pelaksanaan pemeriksaan kesehatan dan Pelaksanaan pemeriksaan para calon PPK, PPS dan KPPS tiba ditempat pemeriksaan kesehatan pada jam kerja dan hari kerja fasilitas kesehatan tersebut.

” Pengambilan sampel darah dilaksanakan di laboratorium Faskes bersangkutan dan para calon PPK , PPS dan KPPS selanjutnya akan menerima surat keterangan,”Jelasnya.

Lanjut Eliszabet, Hasil penilaian kesehatan yang dilakukan oleh tim kesehatan bersifat final, dan hasil penilaian ini tidak dapat dipertentangkan dengan hasil pemeriksaan lain diluar yang dilakukan tim kesehatan Faskes bersangkutan, Ucapnya.

Plh KPU Toraja Utara Divisi Sosialisasi ,Pendidikan Pemilih, Partisipasi masyarakat dan SDM, Harsal Lahiya di sela-sela kegiatan rapat koordinasi mengatakan, kegiatan rapat Koordinasi persiapan pembentukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bertujuan untuk memberi pemahaman kepada semua PPS tentang bagaimana proses perekrutan KPPS yang berdasarkan aturan dan sesuai regulasi yang ada.

” Peserta yang hadir pada kegiatan ini Tiga Anggota PPS terdiri Ketua dan Anggota serta Ketua PPK dan satu anggota yang membidangi SDM,” Ungkapnya.

Seraya menambahkan, Pihaknya berharap setelah usai mengikuti rapat koordinasi PPS dapat merealisasikan apa yang di intruksikan oleh KPU. ” Petugas KPPS sanggup dan mampu yang memiliki kesehatan yang bagus sehingga terwujud pemilu yang aman dan tertib. ” Tutupnya.

Laporan : Agen 027 Saldi S

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here