SPIONASE-NEWS.COM,- BARRU – Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan Sumber Daya Manusia Komisi Pemilihan Umum kabupaten Barru mengulas pengenalan Rumah Pintar Pemilu (RPP) yang dirangkaikan dengan Sosialisasi di Aula Komisi Pemilihan Umum kabupaten Barru.

Lilis Suryani, selaku Koordinator Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih

Rumah Pintar pemilu adalah salah satu sarana untuk pelaksanaan kegiatan pendidikan pemilih yang diperuntukkan bagi masyarakat, pendidikan pemilih dimaksudkan bukan sekedar memahami definisi dan pengertian tentang pemilu dan pilkada tetapi lebih pada bagaimana memaknai demokrasi yang sesungguhnya.

Lilis Suryani, Atjo.Syam, SH,MH selaku Koordinator Divisi mendeskripsikan demokrasi sebagai manifestasi dari kadaulatan rakyat.

“Demokrasi merupakan kedaulatan rakyat, disini rakyatlah yang berdaulat, rakyat sepenuhnya penentu dalam memilih wakil-wakil rakyat yang akan dipilih sekali dalam lima tahun sebagaimana Amanah dalam Pasal 22 E UUD NRI amandemen ke 4 yang menyatakan bahwa pemilu adalah pemilihan untuk memilih anggota DPR, DPD, DPRD Provinsi, DPRD Kab/kota, Presiden dan Wakil Presiden, yang dilaksanakan secara LUBER dan JURDIL”, ‘pungkasnya.

Pasal UU nomor 7 tahun 2017 yang merupakan perwujudan kedaulatan rakyat, rakyat sebagai subjek hukum menjadi sumber pokok dan sasaran dalam pendidikan pemilih dan pilkada.

Banyak hal yang masih harus dilakukan untuk mendukung peningkatan partisipasi tidak lain adalah kehadiran dan peran aktif tokoh pemuda seperti Karang Taruna yang hari ini berkunjung ke RPP dan berikutnya akan kami undang pula tokoh pemuda lainnya yang tergabung dalam komunitas dan organisasi kepemudaan dan kemasyarakatan serta tokoh perempuan dan kelompok berkebutuhan khusus akan kami hadirkan ke RPP untuk mengenalkan lebih dekat arti penting dari sebuah demokrasi demi mewujudkan satu harapan yakni partisipasi full dari masyarakat karena bagaimanapun juga kedaulatan ada ditangan rakyat dan dilakukan sepenuhnya oleh rakyat, disampaikan Lilis Suryani diruang aula KPUD Barru, Selasa (21/09/2022).

Pendidikan pemilih yang dilakukan melalui RPP dengan menghadirkan beberapa tokoh dari setiap segmen Ini menurutnya menjadi satu upaya yang sistematis dengan menyajikan berbagai bentuk alat peraga dalam bentuk gambar, audio visual dan ruang diskusi.

Meski ruang terbatas alat peraga dan pendukung lainnya telah disatukan dalam ruangan secara terpisah dan tertata, memanfaatkan ruang RPP di tengah ruang kerja di dalamnya termasuk ruang pameran yang telah didesign dengan narasi mudah dipahami, tidak multi tafsir serta lebih komprehensif dengan pelibatan pemilih dalam setiap tahapan.

Laporan : Agen 079 RJ

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here