SPIONASE-NEWS.COM,- GOWA – Lembaga Pemasyarakatan Narkotika (Lapas) menggelar pelatihan kemandirian las, pelatihan digelar bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lapas Narkotika Sungguminasa kelas IIA Kabupaten Gowa, Kamis (25/06/2020).

Kepala Sub Seksi Kegiatan Kerja Bakri menyebutkan kegiatan pelatihan kemandirian las listrik merupakan kerja sama dengan UPTBLK (Unit Pelaksana Teknis Balai Latihan Kerja) Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa dengan Lapas Narkotika Sungguminasa. Ada 40 Orang Warga Binaan Pemasyarakatan Lapas Narkotika Sungguminasa yang mengikuti pelatihan, Warga Binaan Pemasyarakatan tersebut tercatat belum memiliki keahlian las listrik, pelatihan tersebut merupakan upaya untuk memberikan keahlian kepada Warga Binaan Pemasyarakatan yang ada di Lapas Narkotika Sungguminasa.

“Setelah mengikuti pelatihan diharapkan mereka bisa menciptakan lapangan kerja atau mencari pekerjaan dengan modal sertifikat keahlian yang dimiliki,” jelas Bakri

Lanjut, ia juga mengatakan, Pelatihan las listrik bisa menjadikan bekal keahlian bagi Warga Binaan setelah kembali kepada masyarakat nantinya.

Sementara Plt. Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Narkotika Sungguminasa, Nahrianto memberikan apresiasi terhadap kegiatan pelatihan kemandirian las listrik tersebut.

“Kegiatan pelatihan kemandirian yang dilaksanakan ini dapat bermanfaat pada sejumlah Warga Binaan Pemasyarakatan yang mengikuti pelatihan di Lapas, diharapkan pula dapat berguna mencari pekerjaan atau membuka usaha pada saat selesai menjalani pidana dan kembali kepada masyarakat, menjadi warga masyarakat yang baik, dan tidak mengulangi perbuatan yang melanggar Hukum,” pungkasnya.

di tempat yang sama Ketua Sanggar Kegiatan Belajara (SKB) UPTD Dinas Pendidikan Kab. Gowa, Rusdi yang juga bertindak sebagai ketua pembimbing pelatihan mengatakan, keterampilan tersebut diharapkan menjadi bekal untuk membuka usaha. Pemantauan akan dilakukan, sehingga peserta pelatihan bisa memanfaatkan keterampilannya secara maksimal. “Harapannya bekal keterampilan yang sudah dimiliki bisa dimanfaatkan untuk berwirausaha. Kalau sukses kan bisa membuka lowongan kerja juga,”ujarnya.

Laporan : Agen 009 Bagas PM/Agen 031 Asri/Hms Lapastika

Editor : Agen 008 HI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

3 × 3 =