SPIONASE-NEWS.COM, — BONE —
Guna menjaga wilayah perairan agar aman dan mencegah tindak kriminalitas, Unit Patroli Satpolair Polres Bone gencar melakukan patroli perairan tangkulara wilayah perairan teluk Bone. Senin (27/07/2020 )pagi.

Patroli tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Kapal Ipda Arinal bersama lima orang anggotanya dengan menggunakan sarana kapal Polisi dengan nomor lambung KP XIV-1026.

Sebelum melaksakan patroli, Komandan Kapal bersama anggotanya terlebih dahulu melaksanakan apel diatas kapal untuk menyapaikan arahan agar dalam pelaksanaan patroli selalu menjaga kesalamatan diri sendiri dan jika menemukan kapal yang melakukan tindak pidana agar setiap anggota tanggap dan harus memiliki peran untuk melihat situasi disekitar kapal sehingga tidak terjadi kesalahan saat melakukan pemeriksaan kapal dan pengamanan diatas kapal.

“Sebelum berangkat kami mayampaikan arahan kepada anggota agar dalam bertindak dilapangan harus sesuai SOP (standar operasional prosedur) dan tidak lupa berdoa agar pelaksaan kegiatan kita semua dalam perlindungan Tuhan yang maha kuasa dan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan aman dan lancar,” Arinal

Patroli ini merupakan upaya preventif yang dilakukan Satpolair Polres Bone dalam upaya pencegahan serta penertiban terhadap pelanggaran ataupun tindak pidana khususnya diperairan Tangkulara wilayah perairan teluk Bone.

“Kegiatan ini untuk menekan angka pelanggaran serta pencegahan terhadap tindak pidana yang terjadi diperairan,” jelas Ipda Arinal.

Pada kegiatan tersebut, unit patroli Satpolair Polres Bone memberhentikan beberapa kapal dengan tujuan untuk dilakukan pemeriksaan muatan dan kelengkapan diatas kapal serta memberikan himbauan keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Dari hasil pemeriksaan tidak ditemukan adanya pelanggaran ataupun pidana terhadap kapal tersebut dan sebelum kami persilahkan untuk melanjutkan perjalanannya kami mengingatkan untuk selalu berhati-hati dalam melaksanakan aktivitas dilaut, utamakan keselamatan, perhatikan kondisi cuaca dan wajib memakai jaket pelampung,” tutur Komandan Kapal.

Selanjutnya memberikan himbauan dan penerangan dalam pendisiplinan mentaati protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Virus Corona (Covid-19).

Kasat Polair Polres Bone Akp A. Sukri Sulaiman saat dihubungi media melalui sambungan selulernya mengatakan bahwa pihaknya akan terus melakukan patroli perairan untuk mencegah terjadinya kegiatan kriminalitas di laut dan antisipasi adanya kecelakaan kapal.

“Patroli ini sudah menjadi agenda rutin kami dalam menjaga wilayah perairan agar aman dan mencegah tindakan kriminalitas lainnya,” jelas Kasat melalui sambungan selulernya.

Akp A. Sukri Sulaiman berharap kepada masyarakat agar ikut berperan aktif dalam menjaga keamanan wilayah perairan dan lingkungan masing–masing, apabila menemukan atau melihat adanya aktivitas yang mencurigakan agar segera laporkan kepada Polisi terdekat. tutup Kasat.

Laporan : Agen 101 Firman/ Jmy

Editor : Agen 008 HI

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

1 × 4 =