SPIONASE-NEWS.COM,- BULUKUMBA – DPRD Kabupaten Bulukumba menggelar rapat Paripurna dengan agenda penyerahan 3 buah Rancangan Perdaturan Daerah (Ranperda) dan 1 Ranperda inisiatif DPRD Bulukumba yang dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna Kantor DPRD Bulukumba, Rabu (30/6/2021).

Ranperda ini diserahkan melalui paripurna yaitu Ranperda Kabupaten Bulukumba Tentang Pembetukan dan Susunan Perangkat Daerah Tahun 2021, Ranperda Tentang Kerja Sama Desa, Ranperda Inisiatif DPRD Tentang Tata Cara Pemilihan, Pelantikan, Pemberhentian dan Masa Jabatan Kepala Daerah, serta Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2020.

H. Rijal S.Sos Ketua DPRD Kabupaten Bulukumba mengatakan bahwa rapat Paripurna Dewan merupakan serangkaian agenda yang akan dilaksanakan yang berkaitan dengan penyerahan Ranperda prakarsa DPRD Kabupaten Bulukumba tentang hak keuangan dan administratif Pimpinan dan Anggota DPRD sesuai dengan Permendagri 80 Tahun 2015 Tentang Pembentukan Produk Hukum Daerah.

Lanjut disampaikan H. Rijal bahwa salah satu Ranperda yang akan diserahkan adalah Ranperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan ABPD Tahun Anggaran 2020 yang mana hal tersebut merupakan salah satu Ranperda yang wajib dan harus diselesaikan.

“Ranperda ini merupakan adalah salah satu ranperda yang wajib dan harus diselesaikan DPRD karena sesuai dengan pasal 320 ayat 1 undang – undang nomor 23 ayat 14 tentang pemerintahan daerah serta memperhatikan undang – undang nomor 17 tahun 2003 tentang keuangan negara”, jelas Ketua DPRD Bulukumba.

Bupati Bulukumba H. A. Muchtar Ali Yusuf menyampaikan tentang beberapa penjelasan umum terkait 3 Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Bulukumba secara berturut – turut, yakni Ranperda Perubahan Kedua atas Peratuan Daerah Bulukumba Nomor 14 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat daerah, yang mana saat ini Pemerintah Pusat tengah mendorong upaya penyederhanaan birokrasi sehingga Bupati menilai hal tersebut juga perlu diterapkan pada instansi Pemerintah daerah dalam rangka menciptakan tata Kelola pemerintahan yang efektif, Tuturnya.

Penyerahan Ranperda tersebut turut dihadiri Wabup H. A. Edy Manaf S.Sos, para Pimpinan dan Anggota DPRD Bulukumba, dan unsur Forkopimda Bulukumba.

Laporan : Agen 040 Rustan R Jentak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here