SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Prestasi membanggakan diukir oleh SOLID SC (Sociality Organization Law Independent Study Club) dengan meraih juara pertama dalam Kompetisi Debat Piala Dekan X Peradi Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia, Salah satu Anggota Tim SOLID SC Yuliana Damayanti juga berhasil memperoleh gelar sebagai Best Speaker Kompetisi Debat Piala Dekan X Peradi Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia.

Kompetisi yang diselenggarakan oleh Fakultas Hukum UMI yang berkolaborasi dengan DPC PERADI Makassar (Perhimpunan Advokat Indonesia) ini mengusung tema “Study Club Law Firm” yang digelar di Aula Hidjaz Fakyltas Hukum UMI, 29-30/Juni/2021.

Tim SOLID SC berhasil mengalahkan 7 tim antar Lembaga Fakultas Hukum UMI. SOLID SC merupakan wadah bagi mahasiswa Fakultas Hukum UMI untuk mengembangkan skill, teknik dan pengetahuan tentang debat serta praktik hukum yang berkembang di masa kini. Disini mahasiswa diajarkan bagaimana membangun argumen yang konstruktif dan sistematis sehingga siap dalam menghadapi setiap perlombaan debat, Kamis (01/7/2021)

Yuliana Damayanti selaku Pemenang Best Speaker sekaligus Pengurus SOLID SC Periode 2020-2021 menuturkan bahwa dengan mengikuti sejumlah kompetisi debat di bidang hukum maka mahasiswa menemukan lahan untuk berproses dalam pengaplikasian ilmu.

Disamping itu, melalui kompetisi ini mahasiswa akan belajar membangun argumen yang baik berdasarkan analisis, dasar hukum maupun teori yang sudah didapatkan di kelas.

“Kompetisi Debat dan MCC (Moot Court Community) merupakan simulasi yang baik sebelum mahasiswa keluar sebagai seorang lulusan. Mengikuti kompetisi merupakan salah satu sarana dalam mempersiapkan lulusan profesi dan meningkatkan kompetensi mahasiswa di bidang hukum,” jelasnya

Kemudian dia Melanjutkan bahwa pada kompetisi ini tim SOLID SC harus mempersiapkan argumen dengan tepat sesuai 3 mosi atau topik berkaitan dengan isu-isu nasional, Mosi atau topik yang dibahas diantaranya yaitu, penerapan sanksi pidana bagi para pelaku ujaran kebencian, pandemi covid-19 sebagai alasan force majeure, penerapan persidangan berbasis daring dimasa pandemi.

“Perjuangan serta latihan kami yang rutin ternyata tidak sia-sia dan membuahkan hasil. Awalnya kami ragu untuk menang, tetapi kami ingin membuktikan bahwa SOLID SC mampu dalam berkompetisi. Disini kami harus memiliki manner yang baik dan mampu menyampaikan argumen sesuai mosi atau topik yang diterima,” ucap Yuli sapaan akrabnya

Persiapan kompetisi dilakukan oleh tim SOLID SC dalam kurun waktu selama 2 hari Sejak tanggal 29 juni 2021. Mereka berlatih simulasi debat dan mempersiapkan argumen sesuai dengan mosi atau topik yang akan dihadapi dalam perlombaan.

Muhammad Arif, mahasiswa semester 5 ini menjelaskan bahwa “indikator penilaian dalam kompetisi terlihat pada substansi debat atau isi argumen yang dibangun serta kemampuan komunikasi yang baik dalam meyakinkan juri”

Kompetisi debat tingkat Lembaga Fakultas Hukum UMI ini berhasil menghantarkan tim SOLID SC menjadi juara Pertama dengan membawa pulang piala, sertifikat, dan sejumlah uang.

“Saya bangga dengan mereka yang memiliki potensi dan niat yang besar dalam berkompetisi. Saya berharap banyak mahasiswa yang tertarik untuk mengasah kemampuannya dan bisa menjadi delegasi Fakultas Hukum UMI pada kompetisi nasional yang akan datang,” tutup Prof Laode Husain, Dosen mata Kuliah Hukum Tata Negara dan juga sebagai Dekan Fakultas Hukum UMI.

Laporan : Agen 009 Bagas PM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here