SPIONASE-NEWS.COM,- JAKARTA – Dalam Proses Pencarian dan Penyelamatan korban jatuhnya pesawat Boeing 737-500 milik Maskapai Penerbangan Sri Wijaya Air (SJ182), Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut menerjunkan pasukan khusus rahasia, Komando Pasukan Katak atau KOPASKA dengan wajah pada poto pemberitaan beberapa media poto wajahnya di blur, Senin (11/01/2021).

Pasukan Khusus TNI AL Marinir KOPASKA

Berdasarkan informasi yang diterima Viva Militer, Senin 11 Januari 2021, prajurit Kopaska TNI AL yang diterjunkan dalam Operasi SAR SJ 182 berasal dari Satuan Komando Pasukan Katak Armada (Koarmada) I.

Pasukan Kopaska Koarmada I Komando Angkatan Laut diberangkatkan dari markas mereka di Pondok Dayung, Jakarta Utara menuju lokasi titik jatuhnya SJ 182 dengan menggunakan kapal perang KRI Teluk Gilimanuk-531, seperti yang di kutip dari Viva Militer.

Yang menjadi sorotan tentang kehadiran Kopaska ialah, meski berada di tempat umum Operasi SAR Sriwijaya Air, tapi tetap saja identitas pasukan khusus ini dirahasiakan semaksimal mungkin.

Misalnya, pada siaran resmi, Kopaska selalu melakukan pemburaman alias memblur bagian wajah prajuit Kopaska yang ada dalam foto yang disebarkan.

Perlu diketahui, dalam Operasi SAR Sriwjaya Air, Kopaska menyisir lokasi jatuhnya pesawat hanya berbekal perahu karet. Lalu, mereka melakukan penyelaman dan mengevakuasi benda-benda penting yang terkait dengan tragedi itu. Tan Hana Wighna Tan Sirna, selamat bertugas Pasukan Katak.

Laporan : Agen 001 ARG/BAW

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here