SPIONASE-NEWS.COM,- MAKASSAR – Perkumpulan Filatelis di Indonesia makin hari makin banyak penggemarnya, hal ini sampai ke seluruh Indonesia maupun didunia International, dimulai dari kalangan pelajar tingkat SMP, SMA dan Mahasiswa dan pengusaha dan masyarakat umum lainnya, Minggu (28/03/2021).

Setiap tanggal 29 Maret diperingati sebagai Hari Filateli Nasional yang ditetapkan sejak tahun 2006 lalu, dan PFI ini merupakan organisasi Perkumpulan Filateli tertua di Indonesia.

Komunitas penggemar perangko yang tergabung dalam Perkumpulan Filatelis Indonesia (PFI) adalah orang-orang di balik adanya hari peringatan tersebut.

Filateli merupakan aktivitas atau hobi mengumpulkan perangko atau benda-benda pos lainnya.

Umumnya, orang yang memiliki hobi ini lebih mengutamakan benda-benda pos edisi lama, meski edisi baru juga tidak dikesampingkan. Semakin berusia tua, barang koleksi akan memiliki harga yang lebih tinggi.

Menurut Ketua Provinsi Pengurus Daerah Sulsel, Para perkumpulan Filateli Indonesia Provinsi Sulawesi Selatan Ir.Andi Sulfadli A. Samad Tahir, bahwa untuk Perkumpulan Filateli Sulsel rencananya akan mengadakan syukuran dalam rangka memperingati HUT ke-99 tahun Perkumpulan Filatelis Indonesia pada hari : Senin, 29 Maret 2021, Pukul : 14.00 Wita, bertempat di Kantor Pos Makassar Jl. Slamet Riyadi No.10 Kota MakassarMakassar, dan tetap mengikuti Protokol Kesehatan C0vid-19.

Andi Sulfadli yang juga merupakan seorang pengusaha dan aktif di bidang Filateli sejak masih SMP memang sangat peduli akan dunia perangko ini, Fadli menjelaskan tentang kegiatan HUT PFI ini yang kegiatan dilaksankan seperti Pameran Mini Filateli, Peluncuran sampul terbatas Filateli dan HUT PFI, Webinar Filateli serta Lomba Filateli Virtual, dirangkaikan Bursa Filateli, Quiz Fikateli dan Lelang Filateli, Jelasnya.

Andi Fadli mengatakan bahwa Duta besar Arab Saudi sangat mengapresiasi Perkumpulan Filateli di Indonesia, begitu pula menteri Komimpo RI Jhonny Plate yang mengucapkan Selamat Ulang Tahun bagi Filatelis Nasional Ke-99.

Lanjut Fadli bahwa Ketua Umum Perkumpulan Filateli Indonesia Bung Fadli Zon mengharapkan agar para anggota dan pengurus Filateli Indonesia melaksanakan kegiatan ini dengan sederhana saja karena pandemi Covid-19 masih berlangsung, dan selamat HUT PFI di seluruh Indonesia.

Sedangkan menurut menkomimpo Jhonny Plate mengucapkan selamat HUT Filatelis Indonesia, bahwa PFI adalah pembentukan karakter bangsa, oleh karenanya PFI harus selalu hadir dan membangun Indonesia, karena sesuai themanya “Filateli Tak Kenal Henti”, Jelas Jhonny Plate dalam videonya dikirim keredaksi.

Laporan : Agen 009 Bagas PM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here