SPIONASE-NEWS.COM, – BANTAENG – Sebagai perwujudan komitmen pemerintah dan seluruh pihak serta lembaga terkait dalam memberikan sesuatu yang bermanfaat untuk pembangunan sumber daya manusia di Kabupaten Bantaeng.

Pemerintah daerah, dalam hal ini Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan baru saja menggelar penyerahan penghargaan/hadiah Program Pemberian Bantuan Modal Berbasis Dusun dan Rukun Warga sekaligus Launching Rumah Kemasan UKM, Kamis (05/3/2020).

Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Bantaeng, Meyriani Madjid mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan lintas SKPD yang dilaksanakan dari tahun 2019 dengan melalui berbagai tahapan pendataan di setiap Dusun dan RW.

Dari hasil seleksi proposal oleh tim independen, yang layak mendapatkan penghargaan sebanyak 75 orang. Namun dua orang mengundurkan diri dengan alasan pindah domisili sehingga tersisa 73 orang, dengan besar anggaran 1 miliar 522 juta yang bersumber dari APBD.

Besaran penghargaan yang diterima setiap pelaku usaha nominalnya berbeda-beda.

“Bantuan modal ini merupakan inovasi dari Bapak Bupati Bantaeng bersama Wakil Bupati, yang senantiasa memberikan perhatian kepada masyarakat Bantaeng untuk menumbuhkembangkan usaha-usaha masyarakat sehingga bisa maju berdasarkan wilayah masing-masing”, katanya.

Sementara itu, Bupati Bantaeng, Dr. H. Ilham Azikin dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberian bantuan ini adalah komitmen bersama yang tidak hanya menjadi magnet elektoral semata. Namun pemerintah hadir memberikan program ini karena menjadi sebuah kebutuhan yang akan memberi manfaat bagi masyarakat Kab. Bantaeng.

“Dengan kondisi infrastruktur yang baik, maka kami menghadirkan program ini agar masyarakat dapat bergerak lebih baik, sebagai upaya mendorong pergerakan ekonomi secara mikro di Kab. Bantaeng”, jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa berdasarkan data dari BPS menunjukkan data yang sangat positif dan membanggakan, dimana untuk tahun 2019 pertumbuhan ekonomi Kab. Bantaeng mengalami peningkatan dari 7,2 persen menjadi 8,08 persen.

“Secara kualitatif apa yang mendorong peningkatan ini adalah sektor pertanian dan UKM, yang mana banyak memberi dampak positif dalam menjaga stabilitas perekonomian di Kab. Bantaeng”, tambah Bupati.

Bantuan modal ini hanya dapat digunakan untuk pembelian bahan baku, pembelian peralatan produksi, serta pembiayaan tenaga kerja.

Pada kesempatan itu pula, dilakukan pengguntingan pita sebagai tanda launching Rumah Kemasan UKM yang terletak di Jl. S. Bialo, Kec. Bantaeng, Kab. Bantaeng.

Turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain Wakil Bupati Bantaeng, H. Sahabuddin, para unsur Forkopimda, Penasehat Kebijakan Pembangunan Daerah untuk Wilayah Sulawesi, Shintani Naoyuki, Pimpinan BNI Cabang Bantaeng, Andi Muh. Yusuf, Ketua GOW Bantaeng, Hj. Rahma Arsyad, para Pimpinan Perbankan se-Cabang Bantaeng, para Camat, Lurah dan Kepala Desa.

Laporan : Agen Suarni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 × three =