SPIONASE-NEWS.COM,- ACEH – Dinas Pendidikan Aceh menggelar lomba debat bahasa Indonesia jenjang SMK tingkat Provinsi Aceh, Minggu (1/3/2020).

Setiap kabupaten/kota mengirimkan sebanyak empat orang perwakilan yang terdiri dari siswa dan guru pendamping.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs Rachmat Fitri HD, MPA menyampaikan, kegiatan lomba ini sebagai ajang unjuk kemampuan bagi siswa dalam mengasah kemampuan berbahasa Indonesia sekaligus mengarahkan anak dalam bertutur kata.

“Kegiatan Debat Bahasa Indonesia untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Tingkat Provinsi Aceh ini memiliki posisi yang sangat strategis sebagai ajang penajaman kemampuan siswa dalam mengekspresikan perasaan, informasi, dan pemikiran dengan menggunakan bahasa Indonesia secara baik dan benar,” imbuhnya.

Bagi siswa SMK, penguasaan keterampilan berbahasa sangat penting dalam menunjang penguasaan kompetensi kejuruan.Kompetensi kejuruan yang dikuasai oleh siswa SMK hendaknya dapat diaplikasikan dalam masyarakat dengan baik karenanya, penguasaan keterampilan bahasa yang baik akan memberikan dampak positif yang besar bagi siswa sehingga akan bermanfaat dalam kehidupannya.

Sebelumnya, Kepala Bidang Pembinaan SMK, Teuku Miftahuddin, M.Pd melaporkan peserta debat merupakan para siswa dan didampingi guru pendamping SMK dari kabupaten/kota seluruh Aceh dengan jumlah keseluruhan 92 orang yang akan berlangsung sejak tanggal 1 – 4 Maret 2020 di Hotel Madinathul Zahra Aceh.

Laporan : Agen M.ti/ril
.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + nineteen =